CGV Indonesia Berhasil Raih 20 Juta Penonton

0

By Aisya J.

CJ CGV menyampaikan bahwa jumlah penonton di CGV Indonesia telah melampaui 20 juta penonton.

Hari ini (26/11) CJ CGV menyampaikan bahwa kemarin CGV Indonesia berhasil memecahkan rekor baru. Setelah pada Oktober lalu CGV Vietnam berhasil meraih angka 20 juta penonton, kini pencapaian besar itu merembet pada CGV Indonesia.

Pada Januari 2013, CJ CGV membuat terobosan dengan masuk ke pasar Indonesia di bawah manajemen bioskop lokal, Blitzmegaplex. Sebelum mengambil alih manajemen, jumlah penonton bioskop tahunan pada tahun 2012 jumlah penonton hanya mencapai 4 juta, lalu jumlah penonton meningkat tajam hingga melampaui 10 juta penonton di tahun 2016 hingga pada tahun ini berhasil menyentuh angka 20 juta penonton.

Seiring dengan pertumbuhan kuantitatif, CJ CGV juga berfokus pada pertumbuhan kualitatif melalui konsep ‘Cultureplex’ untuk menggabungkan ruang budaya. CJ CGV memperkenalkan ruang sportainment ‘Sport Hall’ dimana pengunjung dapat menikmati olahraga seperti bola basket, futsal, serta bulu tangkis. Para pengunjung juga bisa mencoba varian jus kesehatan di ‘Sport Bar’ yang dapat menemani kegiatan olahraga. Kini CGV juga menghadirkan ‘CGV Kitchen,’ sebuah restoran yang menggabungkan makanan lokal dan makanan ringan, serta ‘CGV Crunch Zone,’ yang menawarkan berbagai menu gorengan dan hingga sate ala korea, tak lupa ‘CGV Warung Mie’ yang menawarkan berbagai mie instan citarasa Indonesia.

CGV juga menawarkan berbagai kegiatan budaya yang dipadukan dengan dengan film. Kegiatan ‘Beauty Class’ dimana para peserta menonton film Korea lalu dapat meniru gaya makeup artis tersebut serta ‘Cine Music’ yang memungkinkan pengguna untuk menikmati film pendek dan pertunjukan musik band bersama-sama. Sejak Januari tahun lalu, CJ CGV telah menerapkan program pendidikan yang menghubungkan menonton film dengan pembelajaran secara langsung, seperti tur ruang teater, membuat popcorn, dan cara memesan tiket melalui kegiatan ‘Kids Field Trip’ untuk anak-anak TK dan SD.

Untuk membangkitkan perfilman Indonesia, CJ CGV telah meningkatkan produksi film lokal setiap tahunnya di pasar perfilman Indonesia. Jumlah pemutaran film lokal naik dua kali lipat pada tahun 2018. Hal ini mengakibatkan bertambahnya jumlah penonton film lokal di CGV yang mulanya hanya 6,1% di tahun 2013 menjadi 28,6% di tahun 2018.

Selain itu, CJ CGV berupaya untuk memperkenalkan film Korea terbaru di Indonesia. Sebanyak 19 film Korea Selatan telah dirilis di CGV Indonesia pada Oktober lalu, yang sebelumnya hanya memasukan 8 film di tahun 2016, 9 film di tahun 2017, dan 11 film di tahun 2018. Film Parasite merupakan film Korea yang paling laris ditonton di Indonesia. CGV Indonesia juga berhasil menjadi tuan rumah acara Korea Indonesia Film Festival (KIFF) yang digelar secara tahunan. Tahun ini, CGV Indonesia berhasil menghadirkan aktris Kang Sora sebagai representasi bintang Korea yang hadir dalam KIFF.

Kepala Bisnis CGV Indonesia, Kim Kyung Tae, menyampaikan, “Untuk memperkenalkan berbagai program budaya seperti musik, pertunjukan, permainan, pendidikan, serta film kelas dunia, kami akan menjadikan CGV sebagai platform hiburan representatif Indonesia.”

Saat ini CGV Indonesia telah memiliki 63 bioskop yang tersebar di Indonesia.

Original article : http://tenasia.hankyung.com/archives/1863154

Translation by : Aisya Julia aisyajulia@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here