[TEN ISSUE] Penyanyi yang Dituduh Lakukan Sajaegi Berbondong-bondong Laporkan Park Kyung, Bagaimana Nasibnya?

0

By Aisya J.

Group duo senior, Vibe, akhirnya buka suara perihal kabar sajaegi (manipulasi chart musik) yang ditujukan Park Kyung Block B. Mereka mengatakan bahwa tuduhan tersebut tidak berdasar dan menyatakan akan mengambil jalur hukum.

Kemarin (24/11) Park Kyung menuliskan cuitannya di Twitter, ‘Aku juga ingin melakukan sajaegi seperti Vibe, Song Ha Yea, Lim Jae Hyun, dan Jeon Sang Keun.’ Karena menimbulkan berbagai kontroversi, tak lama cuitan Park Kyung itu dihapus.

Disaat kontroversi ini masih berlanjut, agensi Park Kyung, KQ Entertainment menyampaikan permintaan maaf, “Kami meminta maaf kepada nama-nama yang telah disebutkan. Hal ini berdasarkan pada rumor yang menyebar ke seluruh industri K-Pop tanpa mengonfirmasi kebenarannya. Atas ketidaknyamanan ini, kami meminta maaf kepada pihak terkait yang nama aslinya secara spesifik telah disebutkan. Park Kyung tidak bermaksud untuk mencemarkan nama baik dan hanya berpendapat mengenai situasi yang ada di industri musik K-Pop saat ini.”

Meskipun begitu, penyanyi yang nama-namanya disebutkan telah bereaksi keras dan mengatakan bahwa mereka akan mengambil tindakan hukum atas kasus ini.

Agensi Vibe, Major9 menyampaikan, “Meskipun kami telah memberikan waktu yang cukup bagi seorang penyanyi (Park Kyung) untuk menyampaikan permintaan maafnya kepada kami, namun kami tidak menerima permintaan maaf secara tulus dari penyanyi tersebut sehingga kami akan mengambil tindakan tegas sesuai dengan prosedur hukum.”

Mereka menambahkan, “Artis kami merasa tercemar nama baiknya karena dia telah menyebarkan berita tanpa memeriksa dahulu kebenarannya dan bahkan kini artis kami juga menderita sakit secara mental yang tidak dapat dihapuskan. Kami akan mengumpulkan data tentang pencemaran dan penyebaran informasi palsu terhadap artis kami dan akan mengambil tindakan hukum.”

Hari ini (25/11) agensi Lim Jae Hyun juga menyampaikan pernyataan resminya dengan menyampaikan, “Kami akan mengambil jalur hukum setelah melakukan pemeriksaan secara hukum.”

Agensi menyatakan pembelaannya terhadap Lim Jae Hyun, “Tidak benar bahwa Lim Jae Hyun melakukan sajaegi. Sajaegi merupakan tindak kriminal yang jelas dan kami menyatakan bahwa agensi dan Lim Jae Hyun tidak pernah melakukan tindak kriminal seperti itu. Kami sangat menyesali perbuatan Park Kyung yang secara terbuka telah mencemarkan nama baik artis kami dan kami menganggap bahwa dia bertanggung jawab atas penyebaran informasi palsu dan akan mengambil tindakan hukum terhadap kasus ini.”

Sajaegi memang layak untuk dikritik karena dapat mengganggu tatanan pasar musik yang disusun secara adil. Namun sekali lagi, tidak tepat untuk menyebutkan nama asli penyanyi yang diduga melakukan sajaegi. Kali ini, perhatian ditujukan pada respon Park Kyung terhadap kasus yang ia mulai ini.

Original article : http://tenasia.hankyung.com/archives/1862248

Translation by : Aisya Julia aisyajulia@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here