Poin Penting Drama SBS ‘VIP’ Menurut Sutradara Lee Jung Rim

0

By Suci A.

Drama Senin-Selasa SBS ‘VIP’ menduduki peringkat 1 rating penonton dengan menyuguhkan kisah yang membuat kecanduan dan akting para pemain yang penuh emosional. Sutradara Lee Jung Rim secara langsung memberi jawaban tentang kunci kesuksesan di balik cerita yang hanya dimiliki dalam drama ‘VIP’ ini.

#1. Karya pertama sebagai sutradara. “Aku menekankan pada tiga hal, yaitu naskah, emosi yang mendetail dan musik”

Karena naskahnya sangat bagus, aku lebih menekankan pada naskah. Aku rasa itu sebuah janji antara penulis yang memutuskan untuk bekerja denganku dan para pemain yang mempercayai naskah. Ada sebuah kepercayaan di mana ketika kamu pertama kali melihatnya, maka kamu akan penasaran dan melihatnya sampai akhir, tetapi aku berusaha untuk menanam sebuah alat yang bisa membuat penonton bingung atau terkejut ketika menonton setiap episodenya, sehingga hal itu tidak akan membuat penonton bosan. 

Aku ingin menunjukkan momen mendetail yang menampilkan hubungan dan emosi antar karakter. Dalam episode 1, suasana dalam kantor menjadi dingin ketika Sung Joon memerintahkan pekerjaan Hyun A secara langsung kepada Jung Sun. Hyun A dan Jung Sun merupakan teman akrab sekaligus teman sekantor, namun hubungan mereka menjadi renggang karena perbedaan jabatan dalam kantor. Walaupun di waktu yang singkat, aku ingin menunjukkan ekspresi para pemain secara lebih nyata, seperti ekspresi Jung Sun ketika menggeledah ponsel Mina di episode 3. 

Musik juga bagian yang penting. Aku bekerja dengan produser musik Kim Joonseok yang sudah terbukti dengan bakatnya. Dia mengatakan bahwa dirinya ingin membaca naskah dan mengekspresikan dirinya dengan manner yang baik tanpa melukai perasaannya. Dia juga percaya bahwa dapat menyelesaikan proyek ini karena memiliki satu pemikiran denganku. Dia menyatukan emosi para pemain dengan musik dan menambahkan tingkat ketegangan.

#2. Banyak teori tentang ‘Wanita Lee Sang-yoon’ “Terima kasih atas semua spekulasi yang tidak terduga.”

Aku tidak tahu tentang itu karena jarang membaca komentar, tetapi aku mendengarnya dari tim produksi yang lain. Ada banyak orang yang jatuh pada trik yang ingin kuciptakan, tetapi banyak juga kisah tak terduga yang tidak pernah terpikirkan ketika syuting. Banyaknya spekulasi yang timbul selama drama berlangsung menandakan bahwa banyak orang yang tertarik dan menaruh perhatiannya untuk drama ini. Dalam hal ini, aku  sangat berterima kasih.

#3. Perubahan akting Jang Nara, “Dia orang dan aktris yang baik. Tidak hanya kemampuan, tetapi punya kepribadian yang sempurna.”

Jang Nara adalah aktris dan orang yang baik. Secara pribadi, aku sangat senang episode 3 ketika Jung Sun dapat menunjukkan perasaannya. Banyak penonton yang memprediksikan episode 3 akan menyajikan cerita yang cepat dan dramatis, namun tidak demikian adanya. Episode 3 sepenuhnya mengungkapkan perasaan Jung Sun ketika Sung Joon mengakui perselingkuhannya, kemudian pesan yang diterimanya semalam dan keadaan dimana dia terpaksa untuk mencurigai semua orang di sekelilingnya.

Sebelum episode 3 ditayangkan, aku sempat sms-an dengan Jang Nara dan mengatakan bahwa aku khawatir episode 3 tidak sesuai ekspektasi penonton. Namun Jang Nara menjawab, “Jangan khawatir. Aku yakin penonton akan menikmati (episode 3) karena kita sudah menunjukkannya dengan lebih emosional.” Aku berterima kasih pada Jang Nara karena dia tetap percaya yang mengikuti jalan yang sudah kita perbincangkan sejak awal.

Khususnya, aku sangat senang melihat adegan ketika Jung Sun berpisah dengan Mina dan menunggu bus di halte, kemudian dia memasuki bus dan duduk terbengong di antara semua penumpang yang lain. Walaupun kamera tidak mengambilnya secara dekat, tetapi dia menunjukkan perasaannya dengan seluruh tubuhnya. Tanpa perlu memuji akting Jang Nara, aku yakin para penonton VIP yang lebih tahu bagaimana aktingnya. Aku hanya ingin mengatakan bahwa Jang Nara bukan cuma memiliki kemampuan yang baik, tetapi dia juga memiliki kepribadian yang sempurna.

#4. Drama yang selalu membuah penonton menduga-duga. “Tolong perhatikan dialog dan tatapan antar pemain.”

Tidak ada dialog yang tidak memiliki makna. Tolong perhatikan baik-baik makna dialog yang baru saja dikatakan dan bagaimana cara aktor melihat atau memikirkan lawannya walau dalam 0.1 detik. Rasanya akan sangat menyenangkan jika aku bisa membuat gambar bersama para staf yang telah mengetahui rahasia para karakter dan akhir dari drama ini. Aku merasa tidak sedang bekerja, melainkan sedang menonton TV bersama. Ini sungguh drama yang menarik. Drama ini juga akan tetap menyenangkan jika terus ditonton berulang kali.

Drama ‘VIP’ episode 6 akan tayang hari ini (19/11) pukul 09.00 p.m. KST.

Original article : http://tenasia.hankyung.com/archives/1858341

Translation by : Suci A. sucii.anggunisa@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here