[TEN INTERVIEW] Zion. T Bagikan Kisah Pembuatan Lagu ‘May’ yang Diambil dari Kisah Cintanya

0

By Aisya J.

Penyanyi dan penulis lagu Zion. T telah merilis lagu berjudul ‘May’ pada tanggal 6 November lalu. Ini merupakan comeback terbarunya setelah merilis album ‘ZZZ’ pada bulan Oktober tahun lalu. Lagu ‘May’ merupakan lagu bergenre mellow dengan iringan petikan gitar yang mengisahkan pertemuan dan perpisahan dengan seseorang yang dicintainya. Zion. T mengungkapkan bahwa lagu ini berdasarkan pada kejadian nyata yang dialami oleh dirinya.

10. Apa alasanmu merilis lagu berjudul ‘May’ di bulan November ini?

Zion. T : Sebenarnya aku juga memiliki kekhawatiran merilis lagu berjudul ‘May’ di bulan November. Ide lain juga banyak bermunculan, seperti ‘October’ hingga ‘November.’ Namun, aku memutuskan untuk memilih judul ‘May’ karena ingin pesan dalam lagu tetap tersampaikan.

10. Apakah lagu ini merupakan kisah masa lalumu?

Zion. T : (Kisah masa laluku) tidak ada hubungannya dengan bulan Mei. Ini merupakan lagu yang menggambarkan diriku ketika bertemu seseorang yang aku cintai untuk pertama kalinya, lalu melewati beberapa proses, sampai ke tahap jemu satu sama lain.

10. Kapan kamu menulis lagu ini?

Zion. T : Sudah lama. Setelah aku menulis bait pertama beberapa tahun lalu, aku tidak tahu bagaimana harus melanjutkan ke bait kedua. Jadi kalau aku boleh jujur, karena lagu ini hanya menceritakan kisahku, jadi aku pikir orang lain akan kesulitan untuk mendengarkan lagu ini. Jadi aku menyelesaikan lagu ini dengan memikirkan bahwa ini merupakan kisah orang lain, bukan kisahku.

10. Bagaimana kolaborasimu dengan penulis lirik yang handal, Kim Eana?

Zion. T : Sebelum aku bertemu dengannya di Hangout with Yoo, aku sudah sangat ingin bertemu dengan Kim Eana. Salah satu alasanku muncul dalam program itu adalah karena Kim Eana. Zaman sekarang, sepertinya semakin sedikit orang yang melanjutkan karir sebagai seorang penulis lirik. Karena itu aku menghormati Kim Eana sebagai penulis lirik dan selalu ingin memiliki obrolan yang dekat sebagai sesama artis. Kami menulis lirik ‘May’ bersama di studio masing-masing secara bergantian.

10. Bagaimana proses penulisan lirik bersama dengan Kim Eana?

Zion. T : Kim Eana sangat spontan. Karena harus menyelesaikan album baru, akhir-akhir ini aku tidak bisa tidur dengan nyenyak hingga aku banyak kehilangan berat badan dan membuat cincin yang biasa kupakai menjadi longgar. Kim Eana mengumpamakan cincin itu sebagai cinta. Karena itu kami memasukkan lirik seperti ‘Aku melihat cincin yang tidak berada di tempatnya, berharap tidak ada yang berubah’

10. Menurutmu bagaimana agar lagu ‘May’ dapat dinikmati setiap orang?

Zion. T : Aku harap kisah dalam lagu ini juga dimiliki setiap orang. Aku harap akan ada orang yang mendengar lagu ini di saat tertentu dan merasakan apa yang aku sampaikan melalui lagu ini. Sama seperti lirik ‘Cinta tidak mudah datang,’ aku ingin menyampaikan pesan tentang orang yang kita cintai yang begitu spesial.

10. Lagu ‘May’ terdengar memiliki alunan manis dan emosional. Namun sepertinya lagu ini memiliki warna yang berbeda denganmu di awal debut pada tahun 2011, kan?

Zion. T : Sebagai seseorang yang telah bekerja di bidang ini hampir 10 tahun, aku bisa mengerti makna dari matahari terbenam. Aku punya image yang ceria dengan lagu ‘Click Me’ di awal debut ku, lalu aku mulai dikenal publik dengan lagu ‘Yanghwa Bridge,’ aku juga membuat lagu manis seperti ‘Eat’ dan ‘No Makeup.’ Sepertinya aku telah menunjukkan berbagai sisiku dalam bermusik. Sebelum memasuki tahun 2019, tahun lalu aku ingin menumpahkan semuanya yang ada kaitannya denganku melalui lagu ‘May.’ Aku ingin melampaui diriku sendiri.

10. Bagaimana dengan genre musik baru ini?

Zion. T : Genre ini mungkin membawa sesuatu yang belum pernah dilihat oleh orang-orang sebelumnya dan sesuatu yang tidak akan dilihat untuk yang kedua kalinya. Aku masih akan mencoba berbagai genre lain dan aku akan membuat kolaborasi baru dengan dengan artis yang belum pernah bekerja sama denganku sebelumnya. Akhir-akhir ini, aku sangat berusaha untuk membuat lagu yang bagus. Lagu ‘May’ ini akan sangat spesial karena ini pertama kalinya aku bernyanyi dengan diiringi alunan gitar.

10. Apakah kamu berharap lagu ‘May’ memiliki ranking yang bagus dalam chart musik?

Zion. T : Selagi menyelesaikan lagu ‘May,’ aku tidak terlalu banyak berharap dengan chart musik. Karena menurutku lagu ‘May’ merupakan lagu yang mewakili diriku. Hahaha. Karena lagu ini memiliki gaya lagu yang sering kita dengar, aku harap kalian banyak menyukai lagu ini dan jika kalian tidak suka, aku mohon untuk menantikan karyaku yang selanjutnya.

10. Apa kamu puas dengan lagu ‘May’?

Zion.T : Sebenarnya, aku belum pernah dengan enjoy menikmati lagu yang aku nyanyikan. Aku sudah berada di paduan suara sejak SD, jadi aku sangat berterima kasih jika ada yang mengatakan kepadaku bahwa aku memiliki suara yang khas. Namun secara keseluruhan, menurutku lagu ‘May’ sangat bagus. Aku menumpahkan seluruh ide untuk lagu ini hingga aku pun penasaran bagaimana respon orang-orang yang mendengarkan lagu ini.

10. Banyak penggemar yang merindukan Zion. T membawakan lagu bergenre hip-hop R&B seperti pada lagu ‘Click Me.’ Apa lagu barumu ini bisa mengobati kerinduan itu?

Zion. T : Aku sudah mempersiapkan lagu rap yang dulu pernah kulakukan untuk bermusik. Aku harap lagu itu bisa segera dirilis. Jika aku membuat lagu dengan nada rap sebagai judul lagu, itu akan menjadi lebih mudah dikenali. Aku akan mencoba berbagai genre kedepannya.

10. Setelah melakukan berbagai genre, sepertinya kamu banyak khawatir.

Zion. T : Menurutku, umur penyanyi tidak panjang. Aku sudah berpikir lama tentang sampai kapan aku bisa bertahan di industri ini. Aku bisa menjadi komposer atau produser. Namun, aku senang dapat bekerja di industri yang tidak kenal lelah ini. Pada saat yang sama, aku pikir sulit bagi pelajar SD dan SMP untuk mengetahui aku siapa karena mereka adalah generasi baru. Karena itu, aku ingin membuat pijakan untuk kegiatan masa depanku melalui ‘May.’

Original article : http://tenasia.hankyung.com/archives/1848683

Translation by : Aisya Julia aisyajulia@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here