[TEN ISSUE] Pemeriksaan Belum Berakhir, Polisi Sebut Terdapat Member ‘Palsu’ Dalam Grup I.O.I dan Wanna One

0

By Suci A.

Publik kembali digemparkan dengan kasus manipulasi hasil suara program Produce setelah kabar bahwa terdapat member yang seharusnya tidak masuk dalam grup besutan program Mnet I.O.I dan Wanna One. 

Pada (14/11) lalu, Polisi mengatakan bahwa terdapat member yang seharusnya tidak masuk dalam daftar peringkat final Produce 101 Season 1 & 2. Hal ini merupakan hasil setelah polisi memeriksa data asli pertunjukan final kedua program tersebut.

Ahn Joon Young PD selaku penanggung jawab produksi program Produce Series telah mengakui sebagian tuduhan tentang manipulasi hasil suara yang dilakukannya. Pada awalnya, Ahn PD hanya mengaku telah memanipulasi hasil suara dalam program Produce 48 dan Produce X 101, namun setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, Ahn PD akhirnya mengakui bahwa dirinya telah melakukan manipulasi hasil suara di semua seri acara Produce. Polisi memperluas penyelidikannya di semua seri Produce karena melihat adanya ‘eleminasi mengejutkan’ di setiap musimnya. Ahn PD dianggap sebagai penentu dibalik kecurangan semua program audisi Produce.

Mnet menyatakan, “Kami menangani kasus ini dengan sangat serius. Kami memohon maaf dan akan bertanggung jawab. Sebagai pertanggungjawaban kami, kini perusahaan sedang menyediakan kompensasi, mengambil langkah untuk mencegah terulangnya kejadian ini dan melakukan perbaikan perusahaan.”

Perhatian kini tertuju pada langkah pembaruan Mnet yang telah menyebabkan kerugian pada grup X1, IZ*ONE hingga Wanna One dan I.O.I hanya karena ulah para pemimpin produksi program. Ahn Joon Young PD dan Kim Yong Beom CP telah ditangkap atas tuntutan manipulasi hasil suara pemirsa dari seluruh seri Produce dan memberikan perlakuan khusus terhadap peserta tertentu.

Perlakuan khusus yang diberikan misalnya dengan memasukkan peserta ke dalam kelompok debut, atau tidak dimasukkan ke dalam grup debut. Berdasarkan rencana agensi yang mengirimkan trainee-nya, mereka ingin para trainee lebih dikenal melalui program Produce daripada harus beraktivitas sebagai artis CJ ENM. Sehingga di dalam program, mereka dengan sengaja membiarkan para trainee ‘hampir’ debut, namun akhirnya membuatnya tereliminasi. Kalangan pemirsa setiap seri Produce kini mempertanyakan hasil perolehan suara yang sebenarnya. Walaupun kegiatan I.O.I dan Wanna One telah berakhir, kini pemirsa juga ingin mengetahui langkah yang akan diambil terhadap IZ*ONE dan X1 yang masih melakukan kegiatan aktif.

Produser Nasional Produce 101 Season 1 & 2 juga telah membentuk komite pencari fakta. Mereka mendesak agar data perolehan suara yang asli segera dirilis dan polisi dapat melakukan penyelidikan dengan tegas dan mengambil langkah dasar untuk menyelesaikan kasus ini. Polisi juga telah mengirim Ahn PD dan Kim CP ke kejaksaan atas tuduhan penghalangan bisnis, penipuan, pelanggaran kepercayaan dan lain-lain. Selain mereka, polisi juga tengah melakukan pemeriksaan terhadap 8 orang lainnya terkait kasus manipulasi suara, termasuk tim produksi dan pihak agensi.

Original article : http://tenasia.hankyung.com/archives/1855518

Translation : Suci A. sucii.anggunisa@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here