[TEN ISSUE] Ahn PD Akui Manipulasi Hasil Voting Produce 101 Season 1&2, Bagaimana Lanjutan Pemeriksaan Polisi?

0

By Suci A.

“Tolong dukung kami, produser nasional!”

Itulah kalimat yang sering dikatakan seluruh trainee yang tampil menjadi peserta di setiap episode program audisi Mnet ‘Produce 101’ pada tahun 2016. Mnet memang terkenal sebagai channel yang ‘hobi’ mengadakan program audisi, seperti SupertarK, Show Me The Money, dan lain-lain. Dalam audisi ‘Produce 101’, Mnet menunjuk pemirsa sebagai produser nasional yang akan menentukan member yang akan debut. Para pemirsa selalu menonton setiap episode dan menulis nama peserta dan mengirimkan suaranya melalui pesan SMS, sedangkan tim produksi menentukan debut para peserta yang ditentukan berdasarkan hasil voting. Namun akhir-akhir ini, telah terungkap bahwa tim produksi telah melakukan manipulasi terhadap hasil voting dan mengejutkan seluruh pemirsa dan penggemar yang setia menonton program ini. Ini adalah kasus penipuan yang mengatasnamakan pemirsa sebagai produser nasional. 

Berdasarkan keterangan polisi pada (14/11), Divisi Keamanan Cyber Kepolisian Seoul mengungkapkan bahwa manipulasi hasil voting tidak hanya terjadi pada ‘Produce X 101’ dan ‘Produce 48’ saja, tetapi terjadi juga pada ‘Produce 101’ Season 1 dan 2.

Tak lama setelah ‘Produce X 101’ berakhir, para pemirsa menyatakan kecurigaan adanya manipulasi terhadap hasil suara yang tidak jelas, bahkan mereka membentuk komite pencari fakta untuk menuntut tim produksi. Selanjutnya, sejak bulan Juli lalu, polisi memulai penyelidikan tidak hanya pada program ‘Produce X 101’, tetapi seluruh seri ‘Produce’. Ahn Joon Young PD dan Kim Yong Beom CP, yang ditangkap dengan tuduhan menghalangi bisnis, penipuan, pelanggaran kepercayaan, dan lain-lain diserahkan ke kejaksaan pada hari yang sama. Delapan staf produksi dan pejabat agensi yang juga dituduh menghalangi bisnis diserahkan ke kejaksaan tanpa penahanan.

Sebelumnya, Ahn PD hanya mengakui tuduhan manipulasi hasil voting untuk ‘Produce 48’ dan ‘Produce X 101’ saja. Namun, polisi juga menemukan bahwa Ahn PD mendapat berbagai layanan hiburan di daerah Gangnam, Seoul sejak Januari tahun lalu hingga Juli tahun ini. Saat itu, Ahn membantah melakukan manipulasi hasil voting di musim 1 dan 2, tetapi kini perhatian tertuju pada langkah yang akan diambil polisi dalam penyelidikan di masa mendatang. Polisi juga mengatakan bahwa mereka akan melakukan pemeriksaan tambahan terkait ada atau tidaknya keterlibatan pejabat tinggi CJ ENM dalam kasus ini. 

Komite pencari fakta ‘Produce 48’ mengeluarkan pernyataan, “Para produser nasional telah setuju untuk bergabung dan telah menyelesaikan pemilihan seorang pengacara dengan firma hukum Mast untuk mengungkap kebenaran di balik skandal manipulasi hasil suara ini.” Mereka juga menambahkan, “Kami akan mencari tahu data mentah dari setiap putaran pemungutan suara Produce 48.” Menyusul dugaan manipulasi ‘Produce X 101’, para pemirsa ‘Produce 48’ juga turut ambil tindakan hukum terhadap tim produksi.

Mereka menekankan, “Hasil voting nasional yang seharusnya dilakukan secara adil, tetapi telah dicurangi oleh seseorang. Para trainee yang bekerja keras untuk mewujudkan mimpinya harus dihadapkan dengan sistem eliminasi. Sedangkan member yang telah debut, kini harus mendapat title ‘grup palsu’. Kami mengharapkan kebenaran itu segera terungkap dan para trainee mendapatkan kompensasi yang sesuai.”

Original article : http://tenasia.hankyung.com/archives/1855050

Translation by : Suci A. sucii.anggunisa@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here