[TEN ISSUE] Mulai dari Ryujin ITZY hingga Jeon Somi! Inilah Deretan Idol K-Pop yang akan Mengikuti Ujian CSAT Tahun Ini

0

By Ilham R.

Sehari menjelang hari pelaksanaan ujian, masyarakat Korea menaruh perhatian kepada para idol K-Pop yang akan segera melaksanakan ujian CSAT (College Scholastic Ability Test) alias tes ujian masuk perguruan tinggi. Para idol yang lahir pada tahun 2001 akan segera menghadapi ujian CSAT pada tanggal 14 November mendatang. Ada member yang datang ujian dengan menggabungkan pembelajaran sembari aktif berpromosi, lalu ada juga member yang menunda ujian masuk karena fokus pada kegiatan mereka. 

Grup ITZY yang dipanggil dengan sebutan ‘Monster Rookie’ awalnya memiliki  dua anggota yang akan mengikuti ujian CSAT yakni Ryujin dan Chaeryeong. Chaeryeong memilih untuk menyerah karena menyatakan ingin fokus terhadap aktivitas grupnya sedang Ryujin tetap memilih menjalani ujian tersebut. Ryujin tetap menggabungkan pembelajaran sekolah walau dalam jadwalnya yang padat. Sementara itu grup ITZY debut dengan lagu ‘DALLA DALLA’ pada Februari lalu dan meraih berbagai trofi musik termasuk dengan lagu comeback ‘ICY’ yang dirilis pada bulan Juli lalu. Baru-baru ini mereka sibuk melakukan tur showcase di luar negri.

Seperti yang diduga penyanyi Jeon Somi tetap mengikuti ujian masuk walaupun menghabiskan waktu yang sibuk setelah debut sebagai penyanyi solo dengan merilis lagu ‘BIRTHDAY’ pada bulan Juni lalu. Jeon Somi setelah bergabung dengan The Black Label menjalani waktu yang sibuk dengan kegiatan promosi dan mempersiapkan album debut solo tetapi ia dikabarkan tidak menyerah dalam hal pelajaran dan tetap akan mengikuti ujian tes masuk perguruan tinggi negeri. Jeon Somi yang debut pertama kali lewat grup proyek bernama I.O.I pada tahun 2016 aktif tampil tidak hanya di program musik melainkan juga di berbagai macam variety show.

Grup Loona juga memiliki 2 member yang akan mengikuti ujian CSAT yakni Olivia Hye dan Choerry. Namun pada tahun ini hanya Choerry yang akan menghadapi ujian tersebut. Olivia Hye memutuskan untuk tidak ikut ujian CSAT pada tahun ini karena ia ingin fokus terhadap aktivitas grupnya. Loona yang debut dengan 12 member ini menjadi pembicaraan di kalangan penggemar K-Pop dengan album repackaged bertajuk ‘X X’ berada di peringkat nomor 1 iTunes Amerika pada tangga lagu All Genre, K-Pop Genre, dan Pop Genre bulan Oktober lalu.

Suyun dan Yunkyoung Rocket Punch yang juga idol kelahiran tahun 2001 dan juga akan mengikuti ujian CSAT. Rocket Punch adalah girl group kedua setelah 6 tahun lamanya Woolim Entertainment mendebutkan Lovelyz. Trainee Woolim Entertainment yang berpartisipasi dalam program Mnet Produce X 101 merupakan satu agensi dengan Rocket Punch juga akan mengikuti ujian masuk kali ini.

Jinsol APRIL juga dikabarkan tidak mengikuti ujian CSAT. DSP Media mengatakan, “Jinsol tidak akan mengikuti ujian masuk perguruan tinggi agar dia fokus dengan kegiatannya. Dia juga tidak akan melanjutkan pendidikannya ke bangku kuliah.” Jinsol yang debut pada tahun 2015 bersama APRIL baru baru ini tampil menjadi seorang aktris lewat web drama berjudul I Have a Secret.

Munik dan Jaechan DONGKIZ juga menunda ujian CSAT ke tahun depan. Pihak agensi dari DONGKIZ menyampaikan, “Walaupun tahun ini mereka tidak ikut, namun tahun depan mereka akan mengikuti ujian CSAT bersama maknae Jonghyon.” DONGKIZ adalah grup yang debut dengan album ‘DONGKIZ On The Block’ pada bulan April lalu.

Satu lagi idol kelahiran 2001 yang tidak mengikuti ujian CSAT yakni adik dari grup BTS yang mendapat perhatian baru-baru ini Beomgyu dari grup TXT.  Walaupun dia kelahiran 2001, tetapi kini ia masih duduk di bangku SMA tepatnya tahun kedua.

Original article: http://tenasia.hankyung.com/archives/1853674

Translations by: Ilham Ramadhan ilhamrams@gmail.com 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here