[TEN ISSUE] Selesai dari Wamil, Mungkinkah BIGBANG Comeback Sebagai Grup dengan 4 Orang?

4

By Ilham R.

“Aku pikir kami membutuhkan banyak kebijaksanaan,” ucap salah satu member BIGBANG yang baru saja keluar dari wajib militer pada Minggu lalu (10/11). Pada hari itu Taeyang bersama Daesung, member sesama grup BIGBANG telah keluar dari militer dan menandakan bahwa seluruh member BIGBANG sudah menyelesaikan wajib militer.  Setelah itu, grup BIGBANG menjadi grup yang beranggotakan 4 orang karena seperti yang kita ketahui, beberapa belakangan ini YG Entertainment sedang mengalami krisis. Perhatian tertuju pada langkah yang akan diambil para member BIGBANG karena lingkungan yang jauh berbeda dari sebelum mereka masuk wajib militer.

Taeyang dan Daesung keluar dari Komando Operasi Darat Angkatan Darat di Yongin, Provinsi Gyeonggi pada Minggu lalu (10/11). Taeyang menjalani wajib militer pada 12 Maret tahun lalu dan bertugas di Brigade Artileri ke-5 dari Korps ke-5 Cheorwon di Provinsi Gangwon, sementara Daesung bergabung pada 13 Maret keesokan harinya dan bertugas di militer divisi ke-27 dari Angkatan Darat di Hwacheon, Provinsi Gangwon. Mengetahui bahwa wartawan dan para penggemar akan berkumpul di tempat militer mereka berdua, Departemen Pertahanan telah mengubah lokasi layanan militer keduanya ke daerah Yongin, mengingat bahwa tempat mereka layani wajib militernya adalah daerah perbatasan untuk mendeteksi virus flu babi dan area di bawah kendali.

Meskipun masih pagi, acara pelepasan dari wajib militer dipenuhi oleh para penggemar yang berkumpul untuk melihat Daesung dan Taeyang. Para penggemar tidak menghiraukan suhu dingin pada saat itu dan menyambut kepulangan dua orang ini dengan memegang banner bertuliskan, “Taeyang~ aku sudah menunggumu!” dan “Daesung~ aku akan selalu berada di sisimu.”

Saat ditanya tentang rencana aktivitasnya, Taeyang menjawab dengan hati-hati, “Aku pikir kami membutuhkan banyak kebijaksanaan kedepannya. Kami ingin bekerja keras dan mengumpulkan pendapat untuk membalas kalian dengan sikap yang baik. Kami akan menunjukkan kepada kalian banyak hal yang tidak dapat kami tunjukkan pada kalian selama kami dalam masa wajib militer.” Daesung juga menyebutkan, “Aku belajar dan merasakan banyak hal selama menjalani wajib militer. Aku merasakan banyak hal yang belum pernah kurasakan sebelumnya. Aku juga belajar banyak dalam memahami orang lain.”

Dengan ini, keempat anggota BIGBANG telah menjadi warga sipil biasa. T.O.P telah lebih dulu menyelesaikan wajib militer pada bulan juli lalu sebagai agen layanan sosial untuk kantor distrik Yongsan sedangkan leader dari BIGBANG G-Dragon telah keluar dari militer pada tanggal 26 Oktober lalu. Ketika dia keluar dari militer, G-Dragon juga menyatakan komitmennya untuk bernyanyi, “Bukan sebagai tentara, aku akan kembali menjalani ke pekerjaan utamaku secara tulus.”

Namun sepertinya aktivitas BIGBANG tidak akan berjalan dengan mulus. Salah satu member BIGBANG Seungri, telah mengundurkan diri dari dunia entertainment pada bulan Maret lalu atas kasus Burning Sun, lalu Yang Hyun Suk mantan kepala produser YG Entertainment mengundurkan diri dari semua jabatannya pada bulan juli lalu. Saat ini, Yang Hyun Suk menghadapi 3 total dakwaan termasuk ancaman, malpraktik bisnis, dan pelarian terhadap kriminal.

Mantan member BIGBANG Seungri dan mantan CEO YG Entertainment Yang Hyun Suk

Namun pandangan publik terhadap T.O.P dan G-Dragon tidak begitu baik. T.O.P menjalani wajib militer sebagai petugas layanan medis pada bulan Februari 2017, tetapi didakwa pada bulan Juni atas tuduhan pemakaian ganja di masa lalu dengan trainee bernama Han Seohee. Dia kemudian dijatuhi hukuman dua tahun penjara dengan dua tahun eksekusi di Oktober dan dipaksa keluar dari layanan medis, dan menyelesaikan sisa layanannya sebagai agen layanan sosial.

Tak lama setelah ia keluar dari wajib militer, T.O.P menunjukkan kesediaannya untuk kembali dengan memposting di akun sosial medianya, “Aku tidak bangga pada diriku, tetapi aku pasti akan membayar kembali kekecewaan dan luka yang telah aku berikan kepada penggemarku sambil merenungkan diri sendiri.” Namun pada bulan Oktober saat ia mendapat komentar kritikan,”Jangan kembali ke Instagram, urus saja dirimu.” Ia secara tidak langsung menyatakan niatnya untuk menghentikan sementara aktivitasnya,”Baik Tuhan! Aku juga tidak ada pikiran untuk itu.”

Lalu juga ada kecurigaan bahwa pusat hiburan perdagangan seks beroperasi di gedung yang dimiliki oleh Daesung. Pihak Daesung mengatakan, “Kami tidak sepenuhnya menyadari bentuk penjualan illegal. Kami akan segera mengambil tindakan hukum terhadap bisnis di mana kegiatan illegal telah dikonfirmasi,” sebutnya, namun publik sangat kecewa dengan tuduhan berturut-turut setelah kasus Burning Sun mencuat.

G-Dragon juga memicu kontroversi dengan cuti sakit dan liburan selama masa pelayanannya. Pada bulan Mei tahun lalu, ia dilaporkan dirawat sebuah kamar di rumah sakit militer setelah menjalani operasi pergelangan kaki di rumah sakit swasta dan ia terlibat dalam kontroversi perlakuan istimewa. Lalu pada bulan Maret tahun ini, ada kemungkinan bahwa ia dapat diberhentikan dari militer setelah meninjau ketidakpatuhan dengan tugas aktif. Namun, ia menyelesaikan dinas wajib militernya karena ia dinilai fit selama musyawarah.

Hampir seluruh member BIGBANG terkena kontroversi kecuali Taeyang. Tidak jelas apakah BIGBANG akan kembali dengan formasi lengkap. Namun, para member juga telah aktif sebagai artis solo, membuktikan kemampuan musik mereka. Karena mereka memiliki basis penggemar yang kuat di dalam maupun di luar negeri, ini menjadi perhatian publik tentang langkah apa yang akan mereka ambil selanjutnya, beraktivitas sebagai unit atau solo? Kita doakan saja yang terbaik untuk mereka ya!

Original article: http://tenasia.hankyung.com/archives/1852288

Translations by: Ilham Ramadhan ilhamrams@gmail.com 

4 COMMENTS

  1. After exploring a number of the articles on your site, I
    seriously like your technique of blogging. I book marked it to my bookmark site list
    and will be checking back soon. Please check out my website too and tell me what you think.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here