[TEN ISSUE] Setelah PD ‘Produce’ Ditangkap, Bagaimana Nasib X1?

0

By Ilham R.

Setelah beberapa hari yang lalu PD dari program Mnet seri Produce ditangkap atas tuduhan melakukan manipulasi voting, perhatian kini terfokus pada langkah proyek grup X1 yang akan mereka ambil kedepannya. Yang lebih mengejutkan, sebagian penggemar bahkan meminta grup ini dibubarkan.

Pada (05/11) PD dari ‘Produce X 101’ Ahn Junyoung, telah ditahan bersama penanggung jawab produser (CP) Kim Yongbom.  Myung Jaekwon, seorang hakim senior di Pengadilan Distrik Pusat Seoul, mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk Ahn Junyoung dan Kim Yongbom atas tuduhan menghalangi bisnis dengan penipuan dan penyalahgunaan jabatan. Pengadilan memutuskan bahwa alasan, keperluan dan substansial dari penangkapan diakui berdasarkan peran tersangka dalam kejahatan dan penyelidikan sampai saat ini.

Sebelum itu, pihak Mnet sudah mengeluarkan permintaan maaf dan mengatakan, “Kami akan sepenuhnya bekerja sama dengan penyelidikan dan bertanggung jawab tergantung pada hasil penyelidikan. Sekali lagi kami dengan tulus meminta maaf kepada seluruh pemirsa yang mencintai Produce X 101, para peserta, dan pejabat agensi sekalian,” ucap Mnet.

Dugaan terhadap adanya manipulasi voting pada program Produce X 101 ternyata benar adanya, publik menaruh perhatian kepada aktivitas grup X1 yang debut melalui program ini. Jalan X1 tidak mulus sejak awal. Setelah menyelesaikan program itu, mereka langsung debut dengan merilis mini album pertama bertajuk EMERGENCY: QUANTUM LEAP pada Agustus lalu, namun mereka tidak bisa berpromosi dengan baik di berbagai program musik dan syuting iklan. Sampai sekarang, mereka belum dapat merilis lagu baru. Jika berdasarkan rencana awal, seharusnya mereka akan mengeluarkan album kedua pada bulan ini, namun kondisi saat ini tidak memungkinkan karena tim produksi dari program tersebut telah ditangkap atas kasus melakukan kecurangan dalam voting.

Selain itu, beberapa penggemar bahkan menyerukan pembubaran terhadap grup X1 setelah banyak dugaan manipulasi terungkap selama proses penilaian surat perintah penangkapan untuk tim produksi. Pada saat tuduhan kecurangan voting muncul, sebagian besar mengatakan mereka tidak dapat mendukung kegiatan X1 seperti dulu.  Beberapa juga menyarankan untuk mengungkapkan hasil peringkat asli sebelum dimanipulasi dan menyusun kembali tim mereka. Dalam langkah terkait, Mnet belum menentukan tindakan apa-apa. 

Original article: http://tenasia.hankyung.com/archives/1848770

Translations by: Ilham Ramadhan ilhamrams@gmail.com 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here