Yang Hyun Suk Tidak Hadir Dalam Pemeriksaan Polisi Terkait Kasus Narkoba BI

0

By Suci A.

Yang Hyun-suk, mantan produser utama YG Entertainment tidak menanggapi permintaan polisi untuk menghadiri pemeriksaan pemakaian narkoba yang dilakukan oleh penyanyi BI.

Berdasarkan keterangan polisi pada (06/11), Yang Hyun Suk tidak akan hadir di Unit Investigasi Metropolitan Kantor Polisi Provinsi Gyeonggi Selatan. Sebelumnya, polisi telah meminta Yang Hyun Suk untuk hadir di kantor polisi pada hari ini pukul 10.00 a.m. KST.

Pihak polisi mengatakan bahwa mereka akan membuat jadwal yang baru dengan pihak Yang Hyun Suk dan mereka tidak bisa mengungkapkan status Yang Hyun Suk untuk hadir sebagai saksi atau tersangka.

Yang Hyun Suk dicurigai telah menghentikan penyelidikan atas kasus pemakaian narkoba oleh penyanyi BI pada tahun 2016 silam. Teman BI berinisial A telah ditangkap di Kantor Polisi Yongin atas tuntutan pemakaian narkoba pada tanggal 22 Agustus 2016 dan menyerahkan pesan kakaotalk yang dikirim BI untuk meminta A membelikannya narkoba.

Dalam pemeriksaan tanggal 30 di bulan yang sama, si A memberi kesaksian bahwa dirinya salah bicara karena masih dalam pengaruh narkoba ketika ditangkap. Dia mengatakan bahwa benar pesan itu adalah percakapannya dengan BI, namun dirinya tidak pernah memberikan narkoba kepada BI.

Dalam prosesnya, A menyatakan bahwa Yang Hyun Suk memanggil dan membujuknya untuk mengubah kesaksiannya hingga menunjuk pengacara untuknya.

A melaporkan informasi ini ke Komisi Anti Korupsi dan Hak Sipil pada Juni lalu. Komisi menyerahkan kasus ini ke Kantor Kejaksaan Agung, dan Kantor Kejaksaan Agung menugaskan ke Kantor Kejaksaan Distrik Pusat Seoul. Namun bulan September lalu polisi sudah membentuk tim penyelidikan untuk menangani kasus ini.

Polisi memeriksa A terlebih dahulu dan kemudian memanggil BI sebagai saksi pada 17 September. BI kemudian mengakui beberapa tuduhan narkoba dan beralih ke status tersangka. BI mengakui tuduhan terkait narkoba yang dikatakan A kepada polisi.

Polisi selanjutnya menyelidiki pihak-pihak yang terlibat, termasuk Yang Hyun Suk.

Original article : http://tenasia.hankyung.com/archives/1848675

Translation by : Suci A. sucii.anggunisa@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here