[TEN ISSUE] Sanggupkah Starship Bertahan Setelah Ditimpa Isu Bertubi-tubi?

0

By Suci A.

Starship Entertainment (atau Starship) kini telah dilanda serangkaian masalah yang menyeret nama sejumlah artisnya. Mulai dari kasus dugaan manipulasi terhadap perolehan suara dalam Mnet Produce X 101 bulan lalu, hingga berita mengejutkan tentang Wonho dan Shownu. Mantan member MONSTA X Wonho telah memutuskan kontrak eksklusif dengan Starship akibat dugaan kasus pelanggaran hutang, pemakaian ganja dan dugaan pernah dipenjara dalam pusat penahanan remaja. Sementara itu, member sesama timnya, Shownu juga diserang berita miring terkait dugaan perselingkuhan dan foto telanjang yang beredar. Kini Starship menarik perhatian publik, apakah mereka dapat memulihkan image mereka yang hancur hanya dalam satu bulan?

Pada (28/10) lalu, MONSTA X comeback dengan merilis mini album ketujuh bertajuk FOLLOW : FIND YOU dengan double title song berjudul Find You dan Follow. Namun, mereka dihadapi dengan krisis hanya dalam 3 hari setelah comeback dengan munculnya kontroversi yang menyeret nama member Wonho dan Shownu.

Kontroversi dimulai dengan tuduhan Jung Da Eun, seorang ullzzang yang pernah tampil bersama Wonho di masa lalu dalam program comedy TV Allzzang Generation. Pada (29/10), melalui SNS pribadinya, Jung Da Eun menyebut nama asli Wonho dengan menulis, ‘Hoseok, kapan kamu akan kembalikan uangku?’ Jung Da Eun menyatakan bahwa dirinya pernah tinggal bersama Wonho dan meminjamkan uang sejumlah KRW 30 juta (atau Rp 361 juta), namun Wonho hanya mengembalikan KRW 2 juta (atau Rp 24 juta) dan tidak pernah menggubris setiap kali dia menagih uang tersebut. Selanjutnya, di tahun 2008, Wonho juga diisukan pernah dipenjara dalam pusat penahanan remaja akibat kasus pencurian. 

Pada (31/10) Wonho merilis surat pernyataan yang ditulis tangan terkait keluarnya dia dari tim. Wonho menulis, “Aku ingin meminta maaf karena telah mengganggu banyak orang terkait masalah pribadiku. Walaupun di masa lalu, ketika belum bisa berpikir dewasa, aku memiliki banyak kesalahan besar dan kecil, namun sejak menjadi trainee, aku selalu berusaha yang terbaik untuk debut dan tidak membuat diriku malu.” Wonho melanjutkan, “Aku minta maaf kepada member yang dirugikan karena masalahku. Ini tidak ada hubungannya dengan member. Aku sungguh minta maaf.”

Starship juga memberikan pernyataan, “Berdasarkan hasil diskusi bersama Wonho, kami telah mengambil keputusan bahwa Wonho resmi keluar dari MONSTA X dengan alasan tidak ingin membuat aktivitas MONSTA X terganggu dengan masalah pribadinya. Kami mohon maaf kepada seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan tim atas adanya masalah ini. Ke depannya, MONSTA X dilanjutkan dengan 6 member.”

Namun, masalah masih belum berakhir di sini. Pada (01/11) lalu, telah terungkap tuduhan pemakaian ganja yang dilakukan Jung Da Eun dan Wonho 6 tahun lalu. Jung Da Eun mengungkap bahwa Wonho adalah orang yang lebih dulu mengajaknya untuk menghisap ganja dan akhirnya mereka berdua bersama-sama menghisap ganja di rumah Jung Da Eun. Jung Da Eun telah memberikan kesaksiannya pada pihak kepolisian dan polisi telah menerima sampel rambut Wonho ketika melakukan pemeriksaan terhadap Wonho sepulang MONSTA X kembali dari Jerman pada bulan September lalu. Saat kabar ini terungkap, Starship menyatakan bahwa pihaknya tidak mengetahui tentang kasus pemakaian ganja tersebut dan memutuskan kontrak eksklusifnya dengan Wonho.

Nama Shownu juga terseret dalam isu perselingkuhan dan foto telanjang. Han Seo Hee yang merupakan kekasih Jung Da Eun telah mengirimkan capture foto berisi pesan online. Foto tersebut berisikan pesan seorang suami yang mengatakan padanya bahwa sang istri telah berselingkuh dengan Shownu. Menanggapi kabar tersebut, Starship merilis pernyataan, “Shownu telah berhubungan dengan wanita itu sejak sebelum menikah, namun Shownu tidak mengetahui pernikahan yang telah berlangsung sekitar bulan Agustus lalu karena sang wanita tidak pernah memberitahunya.” Starship melanjutkan, “Pihak suami menghubungi agensi dan kami telah bertemu untuk memberitahukan cerita secara lengkap. Shownu yang kemudian mengetahui kabar tersebut akhirnya memutuskan hubungan dengan wanita itu.”

Pada (03/11), telah beredar sebuah foto pria telanjang di media twitter. Pemilik akun itu mengklaim bahwa pria itu adalah Shownu. Wajah pria dalam foto tersebut diyakini sebagai wajah Shownu dan gelang perak yang dipakainya juga diyakini milik Shownu. Semenjak itu, foto itu beredar luas dengan nama ‘Foto Shownu.’

Starship membantah bahwa foto tersebut adalah hasil manipulasi ilegal. Pihak Starship menyatakan, “Kini telah beredar di situs online dan media sosial foto hasil manipulasi ilegal yang dikaitkan dengan Shownu. Kami akan melaporkan ke pihak polisi, baik mereka yang pertama membuat dan menyebarkannya. Melalui pihak pengacara, kami secara tegas akan menuntut ganti rugi atas pelanggaran hukum terhadap kekerasan seksual, peredaran hal-hal yang dianggap pornografi dan perampasan hak individu dalam Undang-Undang tentang Jaringan Informasi dan Komunikasi.”

Sebelumnya, Starship telah digeledah polisi bersama MBK Entertainment dan Woollim Entertainment sehubungan dengan manipulasi suara dalam program Produce X 101. Dua dari sebelas member X1, grup yang dihasilkan oleh program PDX101 pada bulan Mei lalu adalah trainee yang berada dalam naungan Starship. Starship menyatakan bahwa pihaknya akan memberikan kesaksian jujur kepada pihak polisi, namun MBC PD Note melaporkan dugaan bahwa Starship telah melakukan manipulasi suara dan bersekongkol dengan kru PDX101

Para peserta PDX101 memberi kesaksian, “Sejak awal, trainee Starship sudah mendapat banyak waktu dalam penayangan.” Bahkan para peserta menjuluki acara sebagai ‘Hanya Starship,’ ‘Starship Channel,’ ‘Starship-duce.’ Selain itu, “Ada trainee yang membocorkan lagu yang harus ditampilkan. Ketika aku bertanya padanya, dia mengatakan bahwa pelatih koreografi telah memberitahunya.” Dia menambahkan, “Mereka sudah berlatih sebelum kompetisi dimulai.” Menanggapi hal ini, Starship berkata, “Kami tidak bisa mengatakan apa-apa karena kasus ini masih dalam pemeriksaan. Kami akan mengikuti investigasi sebaik mungkin.”

Original article : http://tenasia.hankyung.com/archives/1846791

Translation by : Suci A. sucii.anggunisa@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here