[TEN INTERVIEW] ONEUS, ‘Kami Ingin Membuat Warna yang Menjadi Ciri Khas Kami’

0

By Suci A.

ONEUS (Ravn, Seoho, Leedo, Keonhee, Hwanwoong, Xion) adalah grup yang debut pada bulan Januari 2019. ONEUS sendiri berarti ‘Kita (US) yang biasa berkumpul bersama membuat satu (ONE) dunia’. Walaupun baru berkecimpung di dunia musik selama 10 bulan, tetapi grup pertama ciptaan Agensi RBW dan juga adik dari grup Mamamoo ini masih belum terlupakan. ONEUS berhasil menarik perhatian publik dengan kemampuan vokal dan penampilan yang berkharisma. Hingga kini, ONEUS telah merilis mini album ketiga dengan keikutsertaan para member dalam menulis lirik, menciptakan lagu dan koreografi. Bulan November mendatang, ONEUS akan mengadakan tur Amerika untuk menyapa para penggemar di sana. ONEUS kini sedang membuktikan potensi yang mereka miliki. Kira-kira, seperti apa ya ‘dunia’ yang akan mereka ciptakan nanti?

10. Kalian sudah merilis 3 mini album dalam 10 bulan. Bagaimana perasaan kalian tahun ini?

Hwanwoong : Walaupun kami berusaha keras tahun ini, namun kami tidak merasa lelah karena kami sudah melakukan banyak persiapan dari sebelum debut. Malah, kami senang karena bisa menunjukkan penampilan-penampilan baru yang kami miliki.

Keonhee : Harapanku sebelum debut adalah merilis sebuah album, nyatanya kami telah merilis sampai 3 album dan aku sangat berterima kasih untuk itu. Kami tidak mungkin ada di sini jika bukan karena bantuan dan dukungan dari para penggemar dan orang-orang di sekeliling kami. Kami harap album kali ini akan sukses dan kami ingin membalas atas semua dukungan yang telah diberikan.

10. Album ketiga FLY WITH US adalah akhir dari seri US dan memiliki makna tersendiri. Bisakah kalian perkenalkan album dan makna dari seri US?

Keonhee : Jika album pertama LIGHT US berarti cahaya matahari dan album kedua RAISE US berarti album yang mengontrol waktu bumi, album FLY WITH US kali ini bermakna ruangan di bulan. Sama seperti warna yang terbentuk dengan adanya cahaya, waktu dan ruang, 3 seri ini diharapkan dapat memunculkan warna khas ONEUS dan menunjukkannya kepada semua penggemar.

Leedo : Album ini juga memperlihatkan sisi lain yang akan ditampilkan ONEUS. Jika album pertama dan kedua terkesan gelap dan seksi, album kali ini terkesan lebih ceria dan menunjukkan sisi keren ala oriental. Album ini memiliki makna mendalam, di mana kami bisa membawakan penampilan dengan lebih ceria dari penampilan panggung sebelumnya.

Ravn : Seri US merupakan satu konsep. Album kali ini berisi lagu-lagu yang bisa dijadikan sebagai encore yang dapat dinikmati dari seluruh seri.

10. Apa saja yang berbeda dengan album debut?

Seoho : Jika di album pertama kami merasa gugup dan asing, namun persiapan album kali ini terasa cukup familiar dan kami lebih menikmatinya.

Ravn : Waktu rekaman sudah agak berkurang. Jika di album pertama kami butuh 1 minggu untuk menyelesaikan satu lagu, kali ini kami bisa menyelesaikan rekaman 1 lagu hanya dalam waktu 1-2 hari. CEO kami pun memberi kami pujian dengan mengatakan kemampuan kami sudah banyak meningkat.

10. Terdapat 6 buah lagu dalam album ini. Kira-kira yang mana lagu favorit kalian?

Leedo : Karena aku menyukai lagu yang emosional, aku paling suka lagu Blue Sky.

Xion : Aku senang lagu Plastic Flower. Kalau album ke-1 dan ke-2 memiliki konsep dark sexy, title song album kedua dengan konsep yang ceria, sedangkan lagu ini menunjukkan konsep yang segar.

Hwanwoong : Aku suka track ke-6 berjudul Stand By. Secara pribadi, lagu ini memiliki makna mendalam karena aku turut berpartisipasi dalam pembuatan lagu ini sebagai rapper. Ini tantangan pertamaku dan aku senang karena hasilnya bagus.

10. Title song Lit adalah lagu dengan melodi yang menekankan pada ciri khas Korea. Lagu ini berkesan dengan suara deonggideok, Jihwaja, dan berbagai suara khas alat musik tradisional Korea. Bagaimana perasaan kalian ketika pertama kali rekaman lagu ini?

Keonhee : Awalnya aku merasa khawatir apakah kami bisa menyanyikannya dengan baik. Aku juga tidak percaya diri membawakan lagu dengan konsep seperti ini. Tapi selama mempersiapkan Lit, tanpa disadari aku merasa nyaman dan menikmatinya.

Ravn : Secara pribadi, ini adalah lagu hip hop yang dari dulu ingin kunyanyikan. Walaupun aku sempat khawatir karena lagu ini memiliki warna yang baru, tapi selama rekaman aku bisa menyanyikannya dengan keren. Jadi aku merasa bangga dengan diriku sendiri.

Seoho : Berhubung bulan November ini kami akan melakukan tur Amerika, jadi aku sangat berharap dapat menunjukkan penampilan yang keren dan perilisan album dapat berjalan sukses. Aku ingin ONEUS dapat menunjukkan sisi yang keren dari Korea kepada seluruh fans di Amerika.

10. Kabarnya, kalian turut berpartisipasi dalam menciptakan gerakan lagu Lit.

Hwanwoong : CEO pernah bilang, “Ciptakan sendiri penampilan panggung kalian”. Beliau memberikan kami kesempatan lebih dulu untuk menciptakan gerakan, menulis rap dan dance break. Semua member merasa lebih semangat untuk membawakan lagu dengan gerakan yang kami ciptakan sendiri.

Keonhee : Di dalam lagu, terdapat lirik ‘Aku mendengar suara terompet’ dan kami membuat terompet secara langsung dan meniupnya dengan berbagai ekspresi. Kami menciptakan gerakan sambil bersenang-senang, jadi kami pun dapat menikmati penampilan di atas panggung nanti.

10. Apakah ada cerita seru di balik persiapan album ini?

Leedo : Kami melakukan syuting MV Lit di hari ulang tahun CEO, jadi kami memberinya pesta kejutan. Sutradara juga merekam pesta dengan kamera yang keren. Lebih dari itu, kami berterima kasih kepada CEO yang datang untuk melakukan monitoring kegiatan kami. Berkatnya, kami menikmati syuting dengan baik.

Hwanwoong : Setiap member bersaing untuk menyanyikan intro lagu Lit. Setiap member menyanyi secara live layaknya sedang melakukan audisi. Setelah persaingan yang ketat, akhirnya akulah yang terpilih untuk menyanyikan intro-nya. Sebenarnya ada cerita yang masih tersembunyi. Pada awalnya, aku terpilih untuk menyanyikan intro. Kemudian part itu diganti ke Seoho, namun akhirnya kembali ke aku lagi.

Leedo : Dia bersikap santai ketika part-nya diambil oleh Hwanwoong, tapi sebenarnya dia merasa sedikit sedih. Dia sangat menggemaskan.

10. Bagaimana perasaanmu setelah mempertahankan bagian intro itu?

Hwanwoong : Akhirnya aku bisa menunjukkan semangat dan ambisiku. Haha. Seoho mengalah padaku.

Ravn : Seoho sangat ingin menyanyikan bagian ‘Let’s Go!’, namun akhirnya dia tidak bisa menyanyikannya.

Seoho : Benar. Aku ingin menyanyi seperti anak bangsawan, tapi bagian itu tidak akan keren kalau aku yang menyanyikannya.

Keonhee : Dia menyanyikannya dengan cute. Rasanya ingin kubawa pulang. (tertawa)

10. Apakah posisi masing-masing member dalam tim?

Keonhee : Aku bertugas untuk memesan makanan. Aku memulainya karena semua member tidak bisa memesan dengan baik. Kini semua member mempercayakannya padaku. Mereka bilang aku bisa memesan makanan yang enak dengan porsi yang pas. haha.

Seoho : Aku berperan sebagai maknae. Semua hyung sangat baik dan memperhatikanku, tapi aku sendiri malah bandel. Aku harus menjaga sikapku.

Hwanwoong : Aku adalah member yang paling lambat di antara semua member yang super sibuk. Semua member akan frustasi ketika melihat gerakanku yang sangat lambat, khususnya ketika makan atau bepergian. Aku jadi merasa bersalah dengan manajer harus bekerja dua kali lebih cepat.

Ravn : Karena selalu mandi selama 1 jam, para member memberiku julukan ‘peri kamar mandi’ dan ‘hantu air.’ (tertawa)

Leedo : Aku berperan sebagai member yang paling kuat. Semua orang akan mencariku ketika harus memindahkan barang yang berat. Mungkin karena hanya aku yang paling senang olahraga di antara semuanya.

Seoho : Aku adalah member yang harus ada di tim ini.

Ravn : Seoho tidak pernah kelihatan ketika sedang bersih-bersih. Ketika mencarinya, dia selalu sembunyi di tempat yang tidak terduga. Kalau ada masalah, dia selalu datang terakhir. haha.

10. Selama tinggal bareng di asrama, siapa member yang rajin dan malas bersih-bersih?

Hwanwoong : Sepertinya aku sendiri yang paling tidak bisa bersih-bersih. Aku mengakuinya. haha.

Leedo : Seoho dan Ravn paling tidak bisa membuang sampah. Mereka juga selalu meletakkan pakaian bekas pakai di sembarang tempat. Kita bahkan tidak bisa menginjakkan kaki di kamarnya (karena berantakan).

Ravn : Sebaliknya, Leedo lebih bersifat minimalis. Sepertinya semua barang di kamarnya bisa masuk ke dalam satu tas ransel. Dia juga tidak suka belanja. Ketika ke luar negeri, member yang lain akan packing selama sejam, namun dia cuma butuh waktu 10 menit saja. Ada satu barang pribadi yang wajib dibawanya, yaitu dumbbell. Dia sangat kecanduan olahraga.

10. Mengapa kamu begitu rajin olahraga?

Leedo : Aku sangat senang melihat otot tubuhku. Bahkan, seluruh penggemar menyuruhku berhenti olahraga. Ketika debut beberapa waktu lalu, aku sempat memakai kostum, namun kostumnya tidak muat. 

10. Kalian adalah grup yang tidak memiliki leader. Apa sekarang masih belum menentukan leader?

Keonhee : Iya. Jika kami merasa belum memerlukan leader, sepertinya kami masih mempertahankan kondisi ini. Setiap member mengetahui perannya masing-masing, jadi kami pun belum merasa butuh adanya sosok leader. Walaupun adanya leader yang memimpin grup itu baik, tapi kami berenam berpartisipasi dengan baik dan melakukan komunikasi dengan lancar. Kami berenam merasa seperti leader dan kami merasakan tanggung jawab yang lebih besar.

10. Apa kalian sering bertemu senior Mamamoo yang satu agensi dengan kalian?

Keonhee : Aku jarang bertemu mereka di kantor karena jadwal mereka yang sibuk. Namun setiap kali bertemu, mereka sering memberi kami nasihat, membagikan makanan, mendengarkan lagu dan memuji kami.

Ravn : Melihat penampilan panggung mereka saja sudah memberikan pengaruh yang sangat baik untuk kami. Aku selalu berniat untuk menjadi penyanyi yang baik seperti mereka.

10. Kalian akan mengadakan tur Amerika di 6 kota. Ini merupakan hal yang luar biasa untuk dilakukan rookie. Kira-kira apa yang menjadi daya tarik ONEUS bagi fans internasional?

Hwanwoong : Kami pun sempat kaget ketika mendengar adanya tur Amerika ini. Berhubung kini sudah ada youtube atau platform lain yang dapat menyebarkan virus Kpop dengan mudah, kami pun dapat menyampaikan ketulusan kami kepada fans internasional. 

10. Persiapan apa saja yang dilakukan untuk tur?

Leedo : Berhubung ini tur luar negeri pertama, jadi kami mempersiapkannya dengan perasaan setengah gugup dan setengah berdebar. Kami sedang melakukan persiapan yang sangat baik demi memberikan penampilan yang lebih baik dan beragam.

Keonhee : Semua member memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang lemah. Jadi semua member sedang belajar rajin demi dapat berkomunikasi dengan para fans.

10. Kalian telah membuka pendaftaran official fanclub TO MOON di bulan September~Oktober. Bagaimana rasanya setelah memiliki fanclub untuk pertama kali?

Keonhee : Aku sangat senang ketika memiliki nama fandom TO MOON. Aku juga senang karena sekarang bisa memiliki hubungan yang tak terpisahkan dengan mereka. Ke depannya, aku ingin membuat kenangan manis bersama para penggemar.

10. Kalimat dukungan apa yang masih teringat sampai sekarang?

Hwanwoong : Aku selalu terharu setiap kali melihat pesan dukungan bahwa aku telah bekerja keras selama ini. Itu tandanya, dukungan mereka tidak pernah berubah sejak sebelum debut hingga sekarang.

Ravn : Aku paling ingat ketika mereka menuliskan ucapan terima kasih kepada kami berenam sebagai member ONEUS. Itu adalah kalimat yang dapat mempererat hubungan kami dan aku ingin memperlakukan para penggemar dengan lebih baik lagi.

10. Apa yang ingin kalian sampaikan kepada fans?

Xion : TO MOON adalah member ONEUS ketujuh. Ketika kami kelelahan, kalian menjadi penyemangat kami. Berkat TO MOON, kami selalu bahagia dan menerima banyak hal. Aku ingin minta maaf karena tidak bisa membalas budi sebanyak yang telah kami dapatkan.

Keonhee : Aku tahu sebenarnya menyukai dan mencintai seseorang itu bukanlah hal yang mudah. Karena itu, aku merasa sangat terhormat ketika mendapat cinta yang begitu besar dari kalian. Aku akan membalasnya dengan energi yang lebih baik lagi.

10. Kedepannya, musik seperti apa yang ingin kalian tunjukkan?

Hwanwoong : Aku ingin menunjukkan lagu yang bisa menyatukan bumi dengan musik, seperti lirik dalam lagu Lit, ‘Bumi adalah satu, mari berkumpul menjadi satu.’

Ravn : Aku ingin membawakan lagu yang memiliki konsep dan warna yang unik dan menjadi ciri khas ONEUS. 

Original article : http://tenasia.hankyung.com/archives/1839922

Translation by : Suci A. sucii.anggunisa@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here