Mengenal Kesenian Tradisional Korea Melalui Pertunjukan ‘Korean Culture Brand Festival’

3

By Suci A.

Credit : Korean Cultural Center Indonesia

Pada Hari Sabtu (26/10) telah diselenggarakan acara Korean Culture Brand Festival di Ciputra Artpreneur Jakarta Selatan yang dimeriahkan oleh sejumlah seniman-seniman hebat asal Korea Selatan. Acara ini diselenggarakan atas dukungan dari Kedutaan Besar Republik Korea, Korean Cultural Center Indonesia, Korean Traditional Music Association dan Korean National Taekwondo Institute (KUKKIWON). Sebelum acara dimulai, sejumlah penonton sudah ramai berkumpul di depan venue dan terlihat sangat antusias untuk menonton acara ini. Tak lupa, Bapak Duta Besar Republik Korea Kim Chang Beom memberikan sambutannya dan menyampaikan rasa terima kasih kepada semua penonton yang telah hadir, khususnya kehadiran Duta Besar dari negara-negara sahabat. “Semoga panggung ini dapat membawa kesegaran dan menenangkan hati kita di malam hari ini.”

Acara yang berlangsung selama 3 jam ini terdiri dari 2 sesi, yaitu sesi pertama berupa pertunjukan Taekwondo yang dibawakan oleh KUKKIWON dan sesi kedua dibawakan oleh seniman-seniman dengan 11 jenis pertunjukkan. 

Taekwondo adalah olahraga seni bela diri asal Korea Selatan dengan menggunakan beberapa teknik seperti poomsae (pertahanan diri), kyeokpa (teknik pemecahan) dan kyorugi (pertarungan). Pertunjukkan taekwondo ini berhasil menghibur dan menarik perhatian penonton dengan gerakan-gerakan yang menegangkan.

Setelah pertunjukkan taekwondo berakhir, acara dilanjutkan oleh pertunjukkan seni tradisional lainnya. Berikut ini daftar pertunjukkan yang ditampilkan:

  1. 강선영류 태평무 (Tari Tradisional Korea – Taepyeongmu)
  1. 경기민요 (Lagu Folk Gyeonggi)
  1. 가야금 병창 (Gayageum Byeongchang)
  1. 남도민요 (Lagu Daerah Provinsi Selatan)
  1. 화선무 (Tari Tradisional Korea – Hwa Seonmu)
  1. 대금독주 (Pertunjukan solo dengan alat musik Daegeum)
  1. 국악가요 “배띄워라” (Musik klasik Korea (Gugak) “Mengambangkan Kapal”)
  1. 탭갠스 (Tarian Tap)
  1. 퓨전-판소리, 드럼, 풍물 (Pertunjukan gabungan dari Pansori, Drum dan Pungmul)
  1. 진도북춤 (Tari Drum Jindo)
  1. 풍물 (Pungmul)

Setelah semua pertunjukkan ditampilkan, para seniman kembali berkumpul di atas panggung dan menyanyikan lagu Arirang bersama-sama dipimpin oleh ibu Hong Sung Duk. Ibu Hong Sung Duk adalah peraih penghargaan Culture and Art Presidential Award dan dijuluki sebagai ‘Ibu musik tradisional korea’. Tak lupa, mereka mengajak sejumlah tamu untuk naik ke atas panggung sambil menyanyi dan menari bersama. Para penonton diperbolehkan untuk mengambil foto dengan para seniman di photo session yang telah disediakan di luar venue.

Para seniman dan tamu menari sambil menyanyikan lagu ‘Arirang’ bersama
Photo session bersama tim Gugak Festa
Photo session bersama tim taekwondo KUKKIWON

Sementara itu, Korean Culture Brand Festival merupakan salah satu rangkaian dari acara promosi pertukaran budaya dari Korea dan Indonesia Korea Festival 2019 yang selalu diadakan setiap tahunnya. Acara lain yang akan berlangsung dalam waktu dekat adalah Asia Traditional Orchestra pada tanggal 6 Oktober 2019, di Balai Sarbini, Plaza Semanggi, Jakarta.

Written by : Suci A. sucii.anggunisa@gmail.com

3 COMMENTS

  1. Hello there! Do you know if they make any plugins to help with Search Engine Optimization? I’m trying to get my blog to rank for some targeted keywords but I’m not seeing very good success. If you know of any please share. Thanks!

  2. Hey there would you mind letting me know which hosting company you’re utilizing? I’ve loaded your blog in 3 completely different browsers and I must say this blog loads a lot faster then most. Can you suggest a good web hosting provider at a reasonable price? Thanks, I appreciate it!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here