[TEN INTERVIEW] Heize Berbicara Seputar Perilisan Mini Album Terbaru

0

by Suci A.

“Aku tidak ingin kehilangan warna khas musikku dan aku ingin menceritakan kisah yang bisa menghibur orang lain. Aku akan terus menciptakan musik yang jujur seperti sekarang ini. Kedepannya, aku ingin menjadi song writer yang hebat.”

Heize merilis mini album kelima berjudul Late Autumn pada tanggal 13 Oktober 2019 pukul 06.00 p.m. KST. Ini adalah album yang dirilis setelah tiga bulan lalu merilis single berjudul We Don’t Talk Together. Album Late Autumn berisi lagu-lagu ciptaan Heize yang menunjukkan emosional Heize terhadap musim gugur. Album ini berisikan 6 lagu dengan dua title song yaitu Late Autumn (Feat. Crush) dan Falling Leaves are Beautiful, kemudian ada DAUM (Feat. Colde), Being Freezed dan Missed Call. Lagu Falling Leaves are Beautiful merupakan lagu dengan iringan piano dan beat jazz, serta berisikan pesan dari Heize, “Proses persiapan menuju langkah berikutnya yang lebih baik dari semua kesengsaraan ini.” Sedangkan Late Autumn merupakan lagu perpisahan yang diiringi dengan harmonisasi vokal Heize dan Crush. Sebelum merilis album, kami menemui Heize di salah satu cafe di daerang Yeonnam-dong, Seoul.

10. Apa yang membuatmu menulis lagu Falling Leaves are Beautiful?

Heize:  Musim gugur adalah musim yang memberikan kesan sedih nan sunyi, apalagi ketika melihat daun-daun yang berguguran. Suatu hari aku pernah melihat daun-daun berguguran. Setelah itu, ranting-ranting pohon menjadi gundul menandai datangnya musim dingin. Setelah musim dingin datang, maka dilanjutkan dengan musim semi yang hangat dengan bunga-bunga yang bermekaran. Jika dibandingkan dengan kehidupan cinta, maka perpisahan itu memang menyedihkan, namun pada akhirnya, itu hanyalah sebuah proses untuk menemukan cinta yang baru. Aku menulis lagu ini karena kupikir semua kesulitan yang kita hadapi dalam hidup ini merupakan proses untuk menuju hari-hari yang lebih baik.

10. Bisakah kamu ceritakan tentang lagu Late Autumn?

Heize: Late Autumn memang mengisahkan cerita, di mana seorang wanita yang menyadari bahwa kekasihnya memiliki wanita lain hanya melihat dari pandangan matanya. Namun wanita itu tahu, kekasihnya sangat mencintai dan menghargainya. Tidak ingin memikirkan pengkhianatan, wanita ini yakin kekasihnya memiliki alasan khusus dan mungkin ada yang salah dalam dirinya. Jadi wanita ini berniat untuk meninggalkan kekasihnya tanpa membuat kekasihnya menyesal. Lagu ini menggambarkan bahwa sang wanita ingin memutuskan hubungan dan menjalani hidup masing-masing daripada harus mendengar langsung dari kekasihnya, “aku punya kekasih lain.” 

10. Mengapa kamu membuat judul dengan Late Autumn?

Heize: Latar belakang dalam situasi ini adalah di akhir musim gugur. Aku pikir lebih sulit jika harus berpisah di musim dingin, karena selain tidak bisa pergi keluar, sang wanita akan merasa kesulitan untuk bersedih sendiri di dalam rumahnya (tertawa). Kurasa musim gugur dapat menenangkan perasaan, sehingga aku sengaja memberinya judul Late Autumn. Di dalam lagu ini juga terdapat lirik, “Semua menjadi baik sebelum cuaca mulai dingin.”

10. Dari begitu banyaknya penyanyi pria, apa yang membuatmu akhirnya berkolaborasi dengan Crush di lagu Late Autumn?

Heize: Karena dia memiliki warna suara dan image yang hangat. Walaupun laki-laki di dalam lagu berselingkuh, namun aku ingin orang menganggap pria ini punya image yang polos dan baik. Lagu ini harus dapat menyampaikan perasaan maaf pria tersebut dan semoga pendengar tidak menganggap pria ini sebagai pria yang jahat. Jadi hanya Crush yang ada di pikiranku (tertawa). Syukurlah, dia langsung setuju untuk berkolaborasi denganku.

10. Apa alasanmu menjadikan Falling Leaves are Beautiful dan Late Autumn sebagai double title song?

Heize: Awalnya, aku hanya memakai Falling Leaves are Beautiful sebagai title song. Lagu ini sudah kubuat sejak musim gugur tahun lalu, jadi aku punya banyak waktu untuk menyelesaikannya sampai menunggu perilisan album. Namun, sebulan lalu aku mendapat inspirasi untuk menciptakan Late Autumn dan aku sangat menyukainya. Akhirnya aku memutuskan untuk mengubah title song menjadi Late Autumn, namun pihak agensi menyarankan untuk tidak mengubah title song, melainkan menjadikannya sebagai double title song.

10. Di antara dua lagu, lagu mana yang menurutmu akan mendapat respon yang lebih besar?

Heize: Aku rasa Late Autumn. Late Autumn adalah lagu bergenre city pop yang baru pertama kali kutulis. Setelah merilis album dan melihat respon dari para pendengar, aku jadi teringat lagu-lagu yang pernah kuciptakan dulu. Banyak yang memuji, “Lagu-lagu Heize semakin bagus”. Sebagai songwriter, aku tetap tidak boleh mengabaikan saran pendengar. Karena itu, aku terus mencoba untuk menciptakan gaya musik baru. Walaupun Late Autumn cukup berbeda dengan gaya lagu yang biasa kuciptakan, kupikir itu bisa menjadi genre yang bisa diterima masyarakat. Aku sangat menantikan respon dari pendengar dan semoga mereka tidak merasa canggung setelah mendengar lagu ini.

10. Di musim panas 2017, kamu pernah merilis beberapa lagu seperti You, Clouds, Rain dan Don’t Know You yang sempat menjadi hits dan memuncaki tangga lagu. Apa kamu juga berniat untuk menantang lagu-lagu di album ini sebagai lagu-lagu musim gugur?

Heize: Aku paling suka cuaca ketika turun hujan, juga paling suka musim gugur. Aku selalu berpikir untuk merilis album di musim gugur, sehingga aku menulis Falling Leaves are Beautiful dan beberapa lagu lainnya. Walaupun lagu ini bertema musim gugur, aku tidak bermaksud untuk menjadikannya lagu musim gugur. (tersenyum)

10. Ini adalah album yang berisi lagu-lagu yang kamu ciptakan sejak tahun lalu hingga satu bulan terakhir. Apakah ada cerita dibalik album ini?

Heize: Sebenarnya, aku menulis lirik Falling Leaves are Beautiful dengan menetapkan tema sebagai hari terakhir dalam kehidupan. Ketika memejamkan mata, aku mengenang masa-masa hidupku dengan segala kesulitan yang pernah kuhadapi, namun terkadang aku ingin kembali ke masa-masa bahagia dalam hidupku. Aku tidak membayangkan kesedihan, melainkan dunia indah yang ada di balik itu.

10. Apa pesan yang ingin kamu sampaikan melalui album ini?

Heize: Walaupun dalam hidup, kita akan mengalami perpisahan dan kesulitan, namun semoga kita semua dapat berpikir bahwa itu hanyalah proses menuju hari yang lebih baik. Lirik lagu kutulis berdasarkan semua pengalamanku, jadi kuharap lagu ini dapat menghibur perasaan kalian. Walaupun ini musim gugur yang sunyi, semoga kalian tidak merasa kesepian.

10. Ciri khas lagu Heize diciptakan berdasarkan pengalaman pribadi, jadi semua liriknya sangat emosional dan jujur. Para penggemar akan bersimpati dengan lirik itu, tapi apakah tokoh di dalam lagu akan merasa tidak nyaman mengetahui bahwa itu adalah cerita mereka?

Heize: Pasti tokoh dalam lagu akan tahu, “Ternyata ini ceritaku.” Aku juga pernah berpikir apakah aku terlalu berlebihan menulis lagu seperti ini untuk diperdengarkan kepada masyarakat. Tapi ini semua adalah caraku dalam menulis lagu dan menjadi penggerak untukku. Terkadang, aku juga merasa jahat. (tertawa)

10. Sepertinya kamu memiliki kekhawatiran tersendiri karena semua lagu yang kamu ciptakan mendapat inspirasi dari pengalaman pribadi.

Heize: Aku juga punya kekhawatiran yang besar. Setelah melakukan kegiatan secara aktif, tetap saja tidak ada perubahan besar dalam hidupku. Aku tidak berkencan atau sering melakukan perjalanan. Di luar masa promosi, aku hanya berdiam diri di rumah sambil membuat lagu. Aku benar-benar takut inspirasi itu akan hilang. Aku ingin menjadikan hal-hal sepele dalam hidupku menjadi sebuah inspirasi untuk laguku. Aku tidak pernah menulis lirik sambil membayangkan ceritanya, jadi aku pikir aku ingin menantang diri untuk menulis lirik yang bukan berdasarkan pengalamanku. Aku tidak akan hidup sendirian selamanya. Jadi, jika aku menemukan cinta yang baru, aku rasa akan ada banyak inspirasi yang akan datang. Itu akan menjadi tantangan terbesar untukku. 

10. Setiap lagu yang kamu rilis selalu mendominasi tangga lagu. Akhir-akhir ini, lagumu untuk OST drama tvN ‘Hotel Del Luna’ juga naik ke tangga lagu. Menurutmu, apa yang menjadi keistimewaan lagu Heize?

Heize: Aku pikir, aku sungguh beruntung. Ketika debut, aku sungguh tertarik untuk menjadi songwriter. Aku selalu mendengar semua lagu yang dirilis dan mungkin itu juga yang membuat laguku muncul dalam tangga lagu. Jika mendengar laguku, para pendengar akan merasakan kejujuran yang diekspresikan di setiap lirik-lirik laguku. Aku selalu bekerja dengan keyakinan, “Aku akan jalani hidup sesuai takdir.” Aku pikir warna musik dan lirik itu adalah ciri khas yang kumiliki. Jadi aku tidak pernah berniat untuk mengalahkan musik orang lain. Aku sangat senang menulis dan menciptakan lagu. Itu adalah bakat yang kumiliki. Semoga para pendengar dapat menyadarinya.

10. Apa rencanamu di masa depan?

Heize: Seperti biasa, aku akan tampil secara aktif di berbagai festival dan pertunjukan kampus. Musim dingin mendatang, aku berencana untuk menemui para penggemarku di Eropa.

Original article : http://tenasia.hankyung.com/archives/1830074

Translation by : Suci A. sucii.anggunisa@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here