Mengenal Lebih Dekat Dua Desainer Muda Korea yang Akan Unjuk Bakat di Jakarta Fashion Week 2020

0

by Yuri H.

SETSETSET (atas) dan SEKWOON YOON (bawah) dua brand fashion asal Korea yang akan hadir di Jakarta Fashion Week 2020 / credit = instagram

Jakarta Fashion Week (JFW) bersama dengan Korea Creative Content Agency (KOCCA) untuk ke-empat kalinya menghadirkan high fashion designers dari Korea Selatan di perhelatan JFW 2020. Tahun ini, brand unisex, SEOKWOON YOON dan brand untuk wanita, SETSETSET, akan menampilkan koleksi terbaru mereka di Fashion Atrium Senayan City, Jakarta, pada Selasa, 22 Oktober 2019.

Sama dengan namanya, brand unisex SEOKWOON YOON dipimpin oleh desainer muda Yoon Seokwoon. Yoon merupakan lulusan dari Pratt Institute di Brooklyn, Amerika Serikat dan mendirikan fashion brandnya sendiri pada tahun 2017. Yoon menangkap inspirasi dari perpaduan referensi sejarah yang luas dan seni modern. Label ini berdiri di antara batasan antara seni dan ready-to-wear dengan tema konseptual pada koleksinya. Yoon menerjemahkan inspirasinya secara khusus dengan teknik Trompe l’oeil dan menggabungkan seni dalam koleksi ready-to-wearnya. Kekhasan dari label diekspresikan dengan bentuk oversized, rekonktruksi dan kontruksi yang tidak biasa, buah hasil dari berbagai penelitian konstan terhadap tekstil dan struktur melalui teknik draping yang kreatif. 

Koleksi busana SEOKWOON YOON / credit = Instagram 

Yoon pernah dinobatkan sebagai outstanding designer dengan menerima penghargaan “Black Sheep Designer” oleh platform fashion kenamaan dunia “NOT JUST A LABEL” pada tahun 2017. Baru-baru ini desainer Yoon menampilkan koleksi bersama di Seoul Fashion Week-Generation Next Seoul dan telah dinominasikan sebagai pemenang dalam DFF NExtgen Designer Online Award Winner, Menswear 2019.  Tahun ini merupakan tahun perdana untuk YOON SEKWOON menampilkan koleksinya di Indonesia. Yoon akan memamerkan koleksi S/S 2020 dengan tema “Nothing Inside”. Koleksi ini terinspirasi oleh lifestyle di Brooklyn, dengan menggabungkan keunian antara modern art dan energy dari street fashion. Berbagai koleksinya pernah dipakai oleh Kim Donghan, Niel TEEN TOP dan menghiasi majalah-majalah fashion Korea.

Koleksi SEOKWOON YOON / credit = Instagram

Koleksi SEOKWOON YOON / credit = instagram

SETSETSET merupakan label fashion wanita yang mengembangkan desain tekstil dengan warna trendy sebagai pendekatan budaya Korea dari berbagai angle dan mendemonstrasikannya dengan indah. Mengusung tema Jangwon Flower Ceremony, desain pada koleksi ini terinspirasi oleh bendera tradisional Korea dan suasana prosesi pemberian mahkota bunga kepada lulusan terbaik pada ujian kenegaraan (Jangwon – tradisi budaya Korea). Tujuannya agar penikmat koleksi SETSETSET dapat berjalan dengan penuh  Dengan kerja keras seluruh tim, SETSETSET akan terus dibangun sebagai label dengan nilai komunikasi yang baik dalam mempresentasikan budaya Korea dengan cara yang lebih kreatif dan menyenangkan, hingga tiba saatnya seluruh dunia berkomunikasi satu sama lain dengan mengenakan koleksi SETSETSET. 

Koleksi SETSETSET / credit = instagram

Koleksi SETSETSET di Seoul Fashion Week / credit = instagram

Berdiri sejak tahun 2016, koleksi SETSETSET juga sudah muncul dan dipakai oleh berbagai artis Korea terkenal seperti GFRIEND dalam MV ‘FEVER’, Park Narae dalam Reality Show Radio Star, dan performance TWICE ‘KNOCK KNOCK’.

Selain fashion show, KOCCA Indonesia juga membantu pertemuan kedua brand fashion tersebut dengan perusahaan fashion Indonesia dalam rangka membuka peluang kerjasama bisnis, sehingga kedua pihak dapat bertukar pengalaman dan pengetahuan fashion yang ada di masing-masing negara. 

Yuritiani Hepi (editor) yhepi@tenindonesia.com 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here