Upacara Pemakaman Sulli Digelar Pada Hari Ini, “Kami akan Mengingat Senyummu yang Manis seperti Buah Peach…”

0

by Ilham R.

Penyanyi sekaligus aktris Sulli (Choi Jinri) berpisah dengan dunia untuk selamanya. Sulli akan dikenang untuk selamanya. Sulli adalah seorang gadis yang memiliki senyum yang cerah dan lovely seperti buah peach. Semua perkataan dan tindakan Sulli selalu menarik perhatian. Secara alami dia telah terlahir sebagai selebriti yang selalu menarik perhatian tanpa adanya sesuatu yang istimewa. Sulli yang meninggalkan kita di umurnya yang masih muda 25 tahun, akan selalu tersimpan di hati kita sebagai ‘peach’ untuk selamanya.

Pada upacara pemakaman yang diadakan di Sinchon Severance Hospital pada pagi hari ini (17/10), anggota keluarga, artis dan karyawan SM Entertainment meneteskan air mata dan menyapa Sulli untuk terakhir kalinya.

Walaupun SM Entertainment membuat upacara pemakaman secara tertutup, tetapi mereka membuat tempat berkabung terpisah di rumah duka no.7 Sinchon Severance Hospital pada tanggal 15-16 Oktober sehingga para penggemar yang mencintai Sulli dapat memberikan salam terakhir mereka.

Selama pemakaman, para kerabat artis dan penyanyi berbagi kesedihan saat mengunjungi rumah duka.  Amber dan Victoria yang sama sama tergabung dalam grup F(X) membatalkan segala aktivitas mereka dan kembali ke Korea dari Amerika dan China. Para kerabat juga menulis pesan untuk kepergian Sulli di akun sosial media mereka masing-masing. Sahabat dekatnya seberti Goo Hara yang tergabung dalam grup terkenal KARA juga mengucapkan salam perpisahan untuk mengenang mendiang Sulli. Kang Jiyoung, Park Gyuri, Yoon Jongshin serta artis seperti Goo Hyesun, Yoo Ahin, Shin Hyeonjun, Ahn Jaehyun, Kwon Mina juga turut mengenang kepergian Sulli di sosial media mereka.

Sulli ditemukan tak bernyawa pada tanggal 14 Oktober 2019 lalu. Sulli terakhir kali melakukan kontak dengan manajer pada jam 06.30 p.m. KST sehari sebelumnya. Sang manajer yang kesulitan menghubungi Sulli, akhirnya mendatangi rumah Sulli dan melapor pada polisi setelah menemukan Sulli sudah tidak bernyawa.

Kabar kematian Sulli ini tentunya membuat semua yang mendengar dan dan terlebih penggemarnya sangat terkejut. Sehari sebelumnya, Sulli masih aktif berkomunikasi dengan para penggemarnya. Para penggemar buru-buru meninggalkan komentar pada Instagram Sulli saat mendengar kabar bahwa Sulli telah tiada. Para penggemar berdoa dan meninggalkan komentar seperti, “Aku akan mengingat senyummu yang indah,” “Aku berharap kamu sekarang bahagia dengan apapun pilihanmu,” “Sekarang tidak ada yang mengganggumu, sekarang hanya kebahagiaan yang tersisa,” “Kamu  pasti menderita hidup di dunia yang berat ini.” Penggemar luar negeri juga ikut berduka cita dan meninggalkan komentar seperti, “Istirahatlah dengan nyaman Sulli,” “Aku akan mengingatmu selamanya,” dan lain-lain. Dalam portal real-time, juga kata “Sulli, aku mencintaimu” naik ke urutan teratas. Ini adalah ucapan salam terakhir dari para penggemar untuk menyinari kepergian Sulli.

Pada tahun 2005, Sulli debut sebagai aktris dalam drama SBS Ballad of Seodong. Setelah itu ia bergabung dengan SM Entertainment dan debut sebagai member F(X) pada tahun 2009 dengan lagu ‘LA chA TA’ dan menghasilkan lagu-lagu hits seperti ‘Hot Summer,’ Pinocchio,’ ‘NU ABO,’Red Light,’ dan ‘Rum Pum Pum Pum.’ Tetapi karir Sulli tidak berjalan dengan mulus. Ia banyak mendapat komentar jahat dan tersandung rumor yang tak berdasar. Pada tahun 2014, akhirnya ia mulai berhenti berkarir sebagai entertainer karena menderita kesehatan mental. Dia meninggalkan grup pada bulan Agustus setahun setelah itu dan menyatakan berniat untuk fokus terhadap akting.

Dia menetapkan dirinya sebagai aktris dengan tampil dalam berbagai drama dan film seperti drama SBS To the Beautiful You dan film Pirates, Fashion King, dan Real. Tahun ini ia juga tampil mempesona sebagai MC dalam program JTBC2 The Night of Hate Comments.

Secara khusus Sulli juga menarik perhatian publik dengan dirinya sebagai idola yang menyuarakan pendapatnya tentang hak-hak wanita. Sulli menjadi perhatian karena dirinya yang sering menyuarakan hak untuk tidak memakai bra. Dia pernah mengatakan kepada orang-orang yang berargumen tentang pendapatnya, “Bra tidak baik untuk kesehatanmu, itu hanyalah aksesoris saja,” jelasnya.

Pada tanggal 14 Oktober lalu, salah satu media asing dari Inggris, Guardian mengungkapkan, “Sulli adalah tokoh kontroversial dalam dunia hiburan Korea yang sangat konservatif.” Guardian juga menambahkan, “Semasa hidupnya, Sulli sering menyatakan pendapatnya terhadap hak no bra.” Selain itu, “Sulli pernah mengkritik fans yang melakukan ‘pemerkosaan mata’ ketika melakukan siaran langsung di instagram pribadinya.”

Billboard juga menyampaikan bahwa Sulli sebagai bintang K-pop berbicara bahwa banyak artis dalam dunia industri yang memilih untuk diam. Sulli pergi ketika para bintang K-Pop, khususnya wanita tidak bisa mengekspresikan diri mereka sepenuhnya secara bebas tanpa beresiko mendapat kecaman publik.” Selanjutnya, “Gaya hidup Sulli yang relax dan percaya diri diperlukan untuk mengubah tradisi ketat dan standar yang harus dipertahankan kalangan artis di Korea.”

Media Hongkong South China Morning Post (SCMP) juga menyebut Sulli sebagai pejuang feminisme. SCMP melaporkan “Sebagai role model idola pop, Sulli berani melepas pakaian dalamnya untuk menunjukkan kebebasan kepada para wanita dalam berpakaian. Hal ini menimbulkan sejumlah perdebatan di Korea Selatan.” Selain itu, “Sulli juga pernah menanggapi kritikan tentang fashion ‘no bra’ yang ditunjukkan padanya dalam sebuah siaran televisi.”

Selamat jalan Sulli~ Kami akan selalu mengenangmu~

Original article: http://tenasia.hankyung.com/archives/1832730

Translation by : Ilham Ramadhan ilhamrams@gmail.com 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here