[TEN FOCUS] SuperM Buktikan dirinya sebagai ‘AVENGERS of K-POP’ dengan meraih No.1 di Billboard 200

1

By Ilham R.

SuperM / Credit: SM Entertainment

Grup SuperM besutan dari agensi SM Entertainment berhasil meraih urutan pertama di chart musik ternama Amerika ‘Billboard 200’ bersamaan dengan debutnya. SuperM adalah grup yang terdiri dari 7 orang anggota yakni Taemin Shinee, Baekhyun & Kai EXO, Taeyong & Mark NCT 127, dan Lucas & Ten WayV. Ini adalah kedua kalinya bagi penyanyi Korea untuk menduduki puncak teratas Billboard 200 setelah BTS dan SuperM menjadi penyanyi asal Korea pertama yang menduduki puncak teratas dengan album debut. SuperM benar-benar membuktikan ‘Super Power’ mereka dengan menetapkan rekor besar bersamaan dengan debutnya.

Billboard melalui homepage-nya, “K-Pop super grup SuperM naik ke urutan 1 dengan menjual 168 ribu unit album debutnya dan mengalahkan penyanyi R&B dari Amerika, Summer Walker.”

Pada tanggal 4 Oktober lalu, SuperM baru saja merilis mini albumnya bertajuk ‘SuperM’ di seluruh situs musik. Album ini berisi 5 lagu, 3 lagu unit dan 2 lagu full tim termasuk title song yang berjudul ‘Jopping.’ ‘Jopping’ adalah lagu yang mengajak untuk bersenang-senang di atas panggung dengan aliran electric-pop.

‘Billboard 200’ menetapkan urutan dengan mengkonversikan unit album offline maupun online yang terjual. Berdasarkan Nielsen Music yang melacak penjualan album dan musik di Amerika, “SuperM telah berhasil menjual 164 ribu kopi. Setelah itu dengan total skor 168 ribu poin, mereka berhasil naik ke urutan pertama.”

SuperM / Credit: SM Entertainment

Hari ini (14/10) melalui agensinya SuperM menyampaikan perasaannya, “Kami sangat senang mendapat peringkat satu dan rasanya seperti mimpi. Kami berterimakasih kepada seluruh orang yang telah mencintai kami dan kami bahagia mendapat hasil yang memuaskan melalui tantangan yang baru ini. Kedepannya kami akan berusaha lebih keras lagi untuk menunjukkan super sinergi dari kami.” Prestasi ini merupakan buah dari kerja keras semua anggota SuperM yang memiliki pengalaman dan kemampuan yang berkompeten. 

SuperM adalah grup proyek global yang diperkenalkan oleh SM dan Capitol Music Group (CMG) dari Amerika. CEO SM Lee Sooman adalah seseorang telah menciptakan banyak grup hits, seperti BoA, TVXQ, EXO, dan Red Velvet. Produser Lee Sooman telah bertemu banyak artis selama setahun terakhir dan mengadakan pertemuan perencanaan dengan staf. Dia juga memimpin jalannya produksi album debut SuperM yang bertajuk ‘SuperM’ termasuk saat rekaman, dan latihan koreografi. 

Para member SuperM sudah tidak bisa diragukan lagi dengan kemampuan, pengalaman, dan skill yang mereka miliki. Jika kita menjumlahkan pengalaman semua member, itu bisa mencapai 36 tahun. Ketujuh member merupakan individu terbaik baik dalam hal pengalaman dan maupun kemampuan. Tetapi karena mereka bukanlah satu tim dari awal, mau tidak mau mereka harus mengerahkan tenaga semangat mereka untuk latihan. Baekhyun mengatakan pada konferensi pers di SuperM pada 2 minggu lalu (2/10), “Banyak orang bertanya-tanya apa yang akan kami tunjukkan di atas panggung. Saat berlatih koreografi, aku merasakan ‘Ohh kita bisa cocok seperti ini ternyata yaa’” katanya, menunjukkan kepercayaan yang kuat dalam keselarasan para member.

(dari kiri) Ten, Baekhyun, Lucas, Taemin, Taeyong, Kai, Mark / Credit: TenasiaDB

SuperM mengedepankan SM Music Performance (SMP). Koreografi yang nyentrik dan intens yang sempurna adalah kuncinya. Para member membuktikan ini melalui lagu debut mereka ‘Jopping’ dan Kai yakin bahwa ia adalah ‘King of SMP.’

Bertentangan dengan harapan untuk SuperM’s SMP, ada juga banyak kekhawatiran. Tapi SuperM mengubah kekhawatiran itu. “SuperM memasuki Amerika Utara dengan menghidupkan kembali identitas mereka sendiri dan ini adalah langkah yang sangat menantang,” kata Repineri 29, outlet media digital AS yang terkenal saat menyaksikan kinerja SuperM. “Kami berharap SuperM akan mempromosikan pemahaman antar budaya dan menyebarkan budaya Korea lebih lanjut.”

SuperM juga mengadakan showcase debutnya di AS, suatu langkah yang tidak biasa. Melalui showcase outdoor di Hollywood, Los Angeles, SuperM telah menyediakan tempat untuk para penggemar untuk melihat pertunjukkan mereka melalui layar lebar. Berkat ini, penggemar yang tak terhitung jumlahnya berkumpul di sekitar ruang konser dan bertemu SuperM lewat layar. Mereka juga menjadi berita utama ketika mereka menikmati pertunjukan dengan berkelompok dengan suara semangat yang meledak menunjukkan antusias mereka terhadap SuperM walaupun tidak melihat langsung pertunjukkan.

Mereka juga muncul di program lokal Amerika yang populer untuk berkesempatan mempromosikan grup. SuperM melakukan debut di program NBC The Ellen DeGeneres Show. Mereka juga membuka pop-up store di Korea Selatan dan Amerika secara bersamaan hingga tanggal 13 kemarin dan mendapat respon yang besar dari penggemar.

Seorang Produser mengatakan, “Beberapa orang membandingkan kinerja SuperM dengan BTS, tetapi tampaknya tepat untuk lebih fokus terhadap para paradigma baru yang telah mereka capai,” katanya. “Ini lebih berarti karena kami mencoba untuk pertama kalinya di antara agensi-agensi besar seperti SM dan JYP (berdasarkan pada perusahaan yang memiliki banyak fandom besar) yang belum pernah mencoba melakukan hal ini.” Dia juga menambahkan, “Volume penjualan dan popularitas SuperM adalah hasil dari memanfaatkan fandom yang sudah dimiliki setiap anggota, tetapi saya ingin menggunakan paradigma baru karena dapat menghasilkan fandom lain dengan kombinasi baru ini. Tidak hanya kolaborasi dengan satu agensi, saya pikir kelompok kolaborasi dari artis agensi yang berbeda juga akan menjadi lebih aktif di masa depan,” jelasnya.

“Keberhasilan Superman sebenarnya agak diantisipasi,” kata Jung Deok-hyun, seorang kritikus budaya pop, mengutip kenaikan eksistensi K-Pop secara universal berkat BTS. Komposisi dari anggota idola yang telah berkembang, fandom yang besar serta kualitas musik yang tinggi adalah sebagian dari alasan untuk kesuksesan mereka.

“SuperM ‘Jopping‘ adalah musik dan performances yang menggambarkan karakteristik K-Pop,” kata Jung. “Kita juga menerapkan elemen-elemen pop global dengan baik. Ini adalah musik yang dapat mengidentifikasi pesona dari K-Pop,” jelasnya. “Karena SuperM adalah grup proyek global SM dan CMG, penting diketahui bahwa distribusi K-Pop di pasar Amerika telah dilakukan tanpa adanya masalah.”

SuperM akan menggelar pertunjukkan bertajuk ‘We Are The Future Live’ untuk memperkenalkan mini album pertamanya di beberapa kota seperti Texas, Chicago, New York, Los Angeles, Seattle, dan Vancouver di Kanada mulai bulan depan.

Original article: http://tenasia.hankyung.com/archives/1830806

Translations by: Ilham Ramadhan ilhamrams@gmail.com

1 COMMENT

  1. I precisely had to appreciate you once more. I do not know what I might have undertaken without the actual basics discussed by you concerning my problem. This has been a very depressing crisis in my opinion, however , noticing the expert approach you processed that forced me to cry over contentment. Now i’m thankful for this guidance and in addition believe you recognize what a powerful job that you’re carrying out training some other people with the aid of your websites. More than likely you haven’t come across all of us.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here