[TEN Interview] Im Si-Wan Berbagi Cerita Perankan Drama ‘Hell Is Other People’

0

by Suci A.

Setelah menjalani masa wajib militer selama 2 tahun, pada (6/10) Im Si-Wan tampil kembali setelah memerankan karakter Yoon Jong-Woo dalam drama OCN ‘Hell Is Other People’. Im Si-Wan menerima pujian atas pendalaman peran sebagai karakter orang lain yang dimainkannya. Mengenai Yoon Jong-Woo, ia berkata bahwa karakter itu bukanlah karakter yang selalu baik, terkadang juga menunjukkan amarahnya. Setelah aktif dalam grup ZE:A, Siwan memulai akting pertamanya melalui drama MBC ‘The Moon That Embraces The Sun’. Sejak itu, ia menunjukkan potensinya sebagai aktor dengan memamerkan bromance yang berbeda dengan Sol Kyung-gu dalam film ‘The Merciless’. “Aku mulai menikmati akting melalui drama ini,” katanya di sebuah kafe di daerah Samcheong-dong, Seoul.

1. Ini adalah karya yang dinantikan setelah kamu menyelesaikan wajib militer. Apakah kamu merasa terbebani?

Im Si-Wan : Aku tidak merasa beban. Walaupun ini adalah karya pertamaku setelah wajib militer, yang aku inginkan hanyalah mendalami peran secepatnya. Sebagai drama yang baru kumulai setelah 2 tahun, aku memilih drama 10 episode ini agar tidak merasa terbebani.

2. Seberapa besar kamu mendalami peran melalui drama ini?

Im Si-Wan : Pada awalnya aku merasa sedikit canggung, tetapi setelah mendatangi lokasi syuting dan mulai berakting, aku mulai mendalami peran. Syukurlah, aku tidak menghabiskan banyak waktu untuk mendalami peran ini. Jika terdapat kekurangan, aku akan mengganti kekurangan itu dalam film ‘Boston 1947’ yang akan dirilis tahun depan.

3. Kabarnya, kamu memerankan drama ini berkat rekomendasi dari tentara seniormu. Bagaimana responnya setelah drama ini ditayangkan?

Im Si-Wan : Dia menonton drama dan memberikan tanggapannya padaku. Dia senang karena penampilanku di drama seperti penampilanku sehari-hari di militer. Aku bertanya apakah itu pujian untukku dan dia bilang bahwa itu benar pujian untukku.

4. Bagaimana respon orang-orang di sekelilingmu setelah drama ini ditayangkan?

Im Si-Wan : Banyak orang yang memberikan respon untukku. Tidak hanya senior Bae Seong-Woo yang berperan denganku dalam film ‘Boston 1947’, tetapi senior Sol Kyung-Gu, senior Song Yoon-Ah dan lain-lain juga menonton dramaku. Secara umum, aku menerima banyak pujian untuk aktingku. Aku senang karena mereka bilang drama ini tidak membosankan.

5. Bagaimana dengan suasana di lokasi syuting?

Im Si-Wan : Aku tidak merasa seperti sedang akting dan bersenang-senang dengan para senior yang hebat. Aku sangat kagum bagaimana sutradara dapat memilih aktor-aktor yang memiliki kekompakan yang baik. Lokasi syuting dipenuhi dengan aktor-aktor yang berbakat. Sebelum syuting, kami saling memberi saran ini dan itu. Walaupun tidak ditampilkan dalam siaran, dialog di lokasi syuting sangat berbeda dengan yang ada di script. Mereka berakting mengikuti style masing-masing.

6. Apakah ada karakter yang mirip dengan kepribadianmu?

Im Si-Wan : Awal mulanya sama. Aku juga datang dari Busan ke Seoul dan hidup di asrama kecil selama beberapa waktu sambil menghabiskan masa trainee-ku. Namun perasaan yang dirasakan Jong-Woo berbeda. Bagiku, asrama itu menjadi tempat yang penuh harapan untuk memulai hidup baruku. Selama tinggal di Seoul, Aku tidak merasa kebingungan, melainkan merasa senang. Selain itu, kamarku tentu lebih bersih dibandingkan kamar Jong-Woo. Aku ingat, saat itu minum bir bersama teman-teman di dalam kamar yang hanya memiliki satu kasur sambil merencanakan dan berbagi cerita mengenai masa depan kami.

7. Kamu bilang bahwa kalian saling berbagi cerita tentang masa depan, kira-kira sudah berapa persen impian yang telah kamu capai?

Im Si-Wan : Sepertinya sudah banyak hal yang tercapai dibandingkan yang kuimpikan. Saat itu, pemikiranku akan masa depan masih terlalu sempit. Aku terlalu fokus mencari uang untuk membeli rumah.

8. Bagian manakah yang menjadi titik terberatmu selama memerankan karakter ini?

Im Si-Wan : Aku selalu berusaha untuk mendalami karakter yang kuperankan dalam drama apapun. Aku hanya ingin memberikan hasil terbaik yang bisa kulakukan dalam kondisi saat itu. Walaupun memiliki banyak kekurangan, mungkin aku tidak akan bisa berakting seperti yang kulakukan dalam Drama ‘The Merciless’ atau Drama tvN ‘Misaeng’. Hal ini karena aku mengubah pendekatan akting setelah film ‘One Line’. Sebelumnya, aku melakukan yang terbaik setiap kali berakting dalam sebuah karya. Akibatnya, aku merasa kelelahan karena tubuhku lelah dan stres. Kini aku mencoba untuk tetap merasa nyaman walaupun sedang berakting.

9. Apakah ada cerita menarik selama di lokasi syuting?

Im Si-Wan : Itu terjadi ketika aku memainkan peran dari komik aslinya. Aku meletakkan rambut di atas laptop untuk melihat apakah ada orang yang masuk ke dalam kamarku. Namun, meskipun aku membuka laptop, rambutku tidak bergerak. Aku dan sutradara berpikir tentang apa yang harus dilakukan (karena aku tidak bisa mengecek siapa yang menyentuh laptopku). Pada akhirnya, kami meletakkan bubuk di atas laptop. Rencana itu berhasil dan ceritanya pun pernah diubah.

10. Karya apa lagi yang ingin kamu lakukan di kemudian hari?

Im Si-Wan : Jika ada kesempatan, aku ingin mencoba akting bertema melodrama. Aku tidak bermaksud mengucilkan genre melodrama, hanya saja aku tidak pernah melihat karya-karya bagus bertema itu. Sebagai seorang aktor, aku ingin mencoba banyak genre. Sampai sekarang, aku belum pernah menantang diriku dalam memerankan melodrama. Walaupun dalam Drama MBC ‘The King in Love’ memiliki kisah romantis, tetapi itu bukanlah inti dari ceritanya.  Yang pasti, aku ingin menantang diri untuk berperan dalam melodrama seperti komedi romantis.

11. Kalau kamu berperan dalam melodrama, siapa lawan main yang kamu inginkan?

Im Si-Wan: Senior Kim Hee Sun. Aku masih ingat, ia memuji aktingku dan aku ingin berakting dengannya. Aku juga ingin akting dengan senior Gong Hyo Jin, senior Han Ji Min, dan Park Bo Young. Aku bingung karena ada banyak aktris yang ingin kuajak beradu peran bersama.

12. Kamu terpilih sebagai aktor+idol idaman. Sebagai aktor+idol senior, adakah yang ingin kamu sampaikan?

Im Si-Wan : Sebenarnya tidak ada yang bisa kusampaikan. Aku hanya berusaha untuk melakukan yang terbaik. Sebenarnya ada banyak idol yang mulai berakting sebelumku, seperti senior Yoon Kye Sang. Senior Seo Hyun Jin dan Senior Eric. Malah, berkat jalan yang diberikan para senior, aku bisa melepas ‘title’ sebagai idol dan berakting dengan nyaman.

13. Di antara semua karya yang sudah kamu perankan, karya apa yang menjadi favoritmu?

Im Si-Wan : ‘The Moon That Embrace The Sun‘ adalah sebuah karya yang dinilai sangat baik. Lebih dari itu, Film ‘The Attorney‘ menjadi titik balik dalam kehidupanku sebagai aktor. Ada adegan di mana aku bertemu Song Kangho di ruang pertemuan. Tanpa disadari, saat itu aku begitu mendalami peran hingga aku begitu antusias dengan akting. Berkat itu, aku merasakan hal yang baru terkait dengan akting.

 14. Drama pertama setelah keluar dari wajib militer ini sudah selesai. Bagaimana perasaanmu setelah menyelesaikan syuting untuk drama ini?

Im Si-Wan : Aku sangat puas. Walaupun ini bukan drama dengan genre yang banyak disenangi khalayak umum, tapi aku ingin memperluas ragam konten untuk menambahkan makna dalam drama ini. Aku sudah mengambil pilihan yang sangat tepat.

Original article : http://tenasia.hankyung.com/archives/1824172

Translation by : Suci A. sucii.anggunisa@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here