Gong Hyo Jin, “Aku lebih suka kejujuran meski itu pahit”

0

By Aisya J.

Gong Hyo Jin yang berperan sebagai Oh Sun Young, seorang wanita yang realistis dalam menghadapi kisah cinta di film The Most Ordinary Romance / credit = NEW

Go Hyo Jin kembali membuktikan dirinya pantas mendapatkan julukan ‘Gongvely’ melalui film The Most Ordinary Romance. Ia berperan sebagai Oh Sun Young, seorang wanita realistis yang dengan tangguh datang ke pesta pernikahan mantan pacarnya yang selingkuh darinya. Ia juga merupakan wanita yang penuh perhatian yang mau mendengarkan curahan hati Jae Hoon (Kim Rae Won) tentang hubungan dengan kekasihnya yang kandas melalui sambungan telepon selama 2 jam. Meski Oh Sun Young terlihat cuek dan tangguh, tetapi ia memiliki luka dalam hatinya. Aktris cantik yang mampu memerankan berbagai karakter dengan sempurna, siapa lagi kalau bukan Gong Hyojin!

10. Dibandingkan dengan drama, kamu jarang memainkan film bergenre romantic-comedy. Apa yang membuatmu memutuskan untuk bermain dalam film ini?

Gong Hyojin: Ini merupakan film comedy-romantic keduaku setelah Love Fiction pada tahun 2012. Sebenarnya aku lebih suka memainkan film yang memiliki ending yang jelas, tetapi film romantic-comedy Korea sepertinya lebih cenderung meringkasnya. Tapi aku pikir film ini memiliki cerita yang rapi. Kalian pasti akan setuju setelah melihat film ini. Aku pikir film ini bisa dinikmati oleh semua orang.

10. Apa yang menarik dari film ini?

Gong Hyojin: Film ini menunjukkan romantisme antara laki-laki dan perempuan yang menunjukkan cintanya dengan mengirim pesan atau bahkan telepon semalaman tiada henti. Jika kalian adalah orang yang mengerti apa itu cinta, menurutku kalian dapat menonton film ini sambil tertawa terbahak-bahak. Ibaratnya, meski cerita ini bukan kisah cintaku, pasti kisah ini mirip dengan kisah cinta salah satu temanku. Hahaha.

10. Yang menarik dari karakter Sun Young adalah ia memiliki sifat yang cuek dan tangguh. Dan banyak yang bilang bahwa Gong Hyo Jin dan Oh Sun Young tidak ada bedanya. Bagaimana pendapatmu dengan karakter Sun Young?

Gong Hyojin: Dalam lingkar pertemanan, setidaknya ada satu teman yang mirip (sifatnya) seperti Sun Young. Meski kisah cinta Sun Young cukup dramatis, pada akhirnya semua orang akan tersentuh dengan kisah cintanya tentang bagaimana ia dapat menyembuhkan rasa sakit hati atau bagaimana ia dapat menjalani kehidupan normal walaupun rasa sakit itu tidak tersembuhkan. Aku berpikir bahwa Sun Young merupakan wanita yang menarik saat ia menunjukkan reaksi atau perkataan yang spontan. Dia sangat keren ketika mengatakan perkataan yang susah untuk dikatakan di depan umum. Jae Hoon dan Sun Young yang tersakiti oleh pasangannya memiliki kisah yang berbeda. Jika Jae Hoon membiarkan luka membekas di dirinya, Sun Young lebih cenderung mengatakan, ‘tidak apa-apa, semua baik-baik saja’, pada dirinya sendiri.

10. Ada beberapa dialog yang agak kasar dan vulgar. Apa kamu merasa malu?

Gong Hyojin: Setelah melihat skripnya, aku langsung berpikiran bahwa Sun Young adalah orang yang blak-blakan. Bahkan kalau dipikirkan, guyonan yang sering dikatakan Sun Young dalam film sudah jarang terdengar sekarang. Aku ingin membuat para penonton kaget dengan guyonan vulgar yang sudah jarang didengar. Aku pikir Sun Young memilih guyonan seperti itu untuk membuat Jae Hoon kaget dan kebingungan. Karena ketika Jae Hoon mabuk, ia tidak mengingat apa-apa. Sun Young suka menjahili Jae Hoon yang mabuk.

Film The Most Ordinary Romance / credit = NEW

10. Jae Hoon merupakan orang yang bisa menerima cinta baru meski ia memiliki luka dan Sun Young adalah orang yang blak-blakan tetapi susah memutuskan sesuatu dengan bijak. Sebenarnya bagaimana gaya berpacaranmu?

Gong Hyo Jin: Jae Hoon tipe orang yang menginginkan lukanya disembuhkan oleh orang lain, sedangkan Sun Young memiliki pandangan bahwa orang lain tidak bisa menyembuhkan lukanya. Perbedaan antara Jae Hoon dan Sun Young yang membuat film ini menarik. Meski cinta itu butuh waktu, hubungan ‘tarik ulur’ antara Jae Hoon dan Sun Young tidak membutuhkan waktu yang lama. Saat tersakiti oleh cinta, aku tidak mau memikirkan bahwa aku membutuhkan penghiburan dari orang lain. Aku membutuhkan waktu sendiri sampai aku benar-benar siap kembali bertemu dengan seseorang yang mampu mengobati luka dihatiku.

10. Bagaimana reaksimu jika mendapat pesan ‘sudah tidur ya?’ atau ‘lagi apa?’ dari seorang laki-laki?

Gong Hyojin: Aku pernah mendapat pesan seperti itu dan aku juga pernah mengirimkannya. Aku pernah mencari cara untuk menghapus pesan yang sudah terkirim dan sepertinya aku juga pernah mencari tahu apakah dia memblokir nomorku atau tidak hahaha. Ada perasaan harga diri jatuh ketika aku mengirim pesan seperti itu saat masa pedekate. Meski aku tipe orang yang blak-blakan, daripada mengedepankan egoku, aku berpikir aku akan lebih menyesal jika aku tidak mengirim pesan itu. Jadi aku tetap mengirimkan pesan, ‘sudah tidur ya?’ hahaha. Menurutku Jae Hoon orang yang menarik karena dia setia dengan perasaannya meski ia menyesalinya. Pria polos seperti Jae Hoon sudah jarang di dunia ini. Aku juga pernah mengirimkan pesan seperti, ‘kamu udah tidur ya?’ ‘lagi ngapain?’. Hmm… Tapi sepertinya lebih baik kalau aku tidak mengirim pesan itu ya… Harusnya aku bilang saja, ‘hei, di mana kamu?’ hahaha.

10. Ini adalah pertemuan keduamu dengan Kim Rae Won setelah drama Snowman pada tahun 2003. Bagaimana perasaanmu?

Gong Hyojin: Menyatukan chemistry dengan lawan main yang pernah bermain bersama dalam sebuah proyek sepertinya lebih susah daripada menyatukan chemistry dengan lawan main yang baru pertama kutemui. Aktor yang pernah berada dalam proyek yang sama denganku pertama kali adalah orang yang pertama melihatku secara pribadi. Seperti saat ini, ketika aku kembali dipertemukan dengan lawan mainku dulu, aku ingin menunjukkan bahwa aku aktris yang bagus. Dan di film ini, aku lebih merasa gugup karena tidak berperan sebagai pasangan yang sweet, tetapi pasangan yang sukanya ribut hahaha. Meski aku menganggap bukan hal mudah bermain dengan lawan main yang pernah bekerja dalam proyek sama sebelumnya, tetapi aku merasa kami sudah paham satu sama lain karena tipe akting yang sama.

Gong Hyojin menyukai laki-laki penyayang /credit = NEW

10. Dibandingkan dengan film, karaktermu dalam drama When the Camellia Blooms memiliki sifat yang berhati-hati. Apa kamu tidak khawatir dengan menunjukkan berbagai karakter di waktu yang sama?

Gong Hyojin: Meski ada plus-minusnya, tapi aku pikir dua-duanya bagus. Para penonton yang geregetan melihat Dong Baek (perannya dalam drama When the Camellia Blooms) dapat pergi ke bioskop dan melihat aksi Sun Young terlebih dahulu hahaha.

10. Kamu sudah berada di dunia seni peran selama 20 tahun, tidakkah kamu merasa lelah?

Gong Hyojin: Mungkin ada masa seperti masa transisi. Meski dulu aku pernah merasakan itu, mungkin yang paling baru adalah tahun 2017. Bekerja dan rasa bosan telah menjadi rutinitasku. Juga saat aku syuting film Missing, tidak ada motivasi (dari dalam diriku). Meski filmnya berakhir bagus, tetapi aku malah semakin jatuh dalam kejenuhan. Setelah film dirilis aku mencoba istirahat selama setahun. Karena aku ingin memotivasi diriku, aku juga pernah menantang diri di bidang lain. Lalu aku menemukan cara yang bagus yaitu dengan melakukan pekerjaan dengan santai daripada terlalu memaksa mengambil sebuah proyek.

 10. Apa sekarang kamu merasa lebih baik?

Gong Hyojin: Aku mengisi penuh energiku dan mencoba mengambil proyek yang belum pernah aku ambil sebelumnya, seperti film Door Lock yang bergenre thriller. Meski kali ini aku telah kembali ke proyek dengan genre yang sering aku mainkan, aku ingin menunjukkan sesuatu dengan warna yang berlawanan hahaha. Meski keduanya (drama When the Camellia Blooms dan film The Most Ordinary Romance) adalah titik awalku, tetapi bisa saja kalian merasa kecewa karena aku tidak dapat memenuhi ekspektasi kalian. Meski saat ini merupakan waktu yang menegangkan karena hasilnya (rating dan review drama When the Camellia Blooms dan film The Most Ordinary Romance) belum keluar, tetapi menurutku ini adalah waktu yang paling membahagiakan. Sebelum episode perdana drama When the Camellia Blooms ditayangkan, aku bermimpi bertemu Brad Pitt. Kata orang, jika top star muncul dalam mimpi kita, itu artinya kita akan mendapat keberuntungan hahaha.

10. Ke depannya apa yang ingin kamu lakukan?

Gong Hyojin: Meski aku merasa terbebani dengan julukan ‘Gong-vely,’ tetapi mendapat julukan itu dari seluruh negeri juga bukanlah hal yang mudah. Daripada merasa terbebani, sekarang aku lebih merasa enjoy. Hmm… untuk saat ini aku ingin mendapat peran sebagai orang kaya raya dan juga peran sebagai wanita yang bodoh atau tidak bisa apa-apa hahaha. Aku ingin mencoba berbagai karakter dan pengalaman yang belum pernah aku coba sebelumnya. Meski sudah pasti aku akan melakukan yang terbaik, tetapi aku ingin berusaha menunjukkan dengan cara yang berbeda. Aku ingin menjadi seorang aktris yang selalu dinantikan seluruh penonton.

Original article : http://tenasia.hankyung.com/archives/1821173

Transalation by : Aisya Julia aisyajulia@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here