[TEN INTERVIEW] Kim So Hyun yang Beranjak Dewasa Ingin Tunjukkan Romantisme yang Sesungguhnya

1

by Aisya J.

Kim So Hyun berperan sebagai Kim Jojo dalam drama Netflix Love Alarm / credit = Netflix

Meski mengalami kesulitan setelah kedua orang tuanya meninggal ketika ia masih kecil, tetapi ia memiliki sifat ceria dan hari yang kuat. Bahkan ia bisa bertahan di kehidupan masyarakat yang berat. Tetapi belakangan ini, ada sesuatu hal yang mengganggu pikirannya. Dia adalah Kim Jojo, seorang pelajar SMA dalam serial drama Netflix Love Alarm. Kim So Hyun yang berperan sebagai Kim Jojo mengatakan, “Ketika cerita ini pindah dari webtoon ke serial drama, arah yang ingin dibawa Sutradara Lee Na Jeong masih belum jelas. Aku berusaha berakting sesuai dengan sifat asli karakter dalam webtoon.”

Kim So Hyun debut sebagai aktris cilik di tahun 2008 dalam drama KBS Hometown of Legends Chil – Let’s Go to Cheong Mountain. Namanya mulai melejit ketika membintangi drama MBC berjudul Moon Embracing the Sun pada tahun 2012. Lalu beranjak remaja, Kim So Hyun mulai berani membintangi drama romansa seperti, drama Who Are You: School 2015, Let’s Fight Ghost, hingga Ruler: Master of the Mask. Kim So Hyun mengatakan, “Sebenarnya aku agak khawatir tentang masa depanku yang menjadi aktris dewasa setelah banyak dikenal sebagai aktris cilik,” lalu ia menambahkan, “Aku ingin melakukan yang terbaik meski itu dalam masa-masa yang sulit.”

 Tenasia melanjutkan perbincangan dengan Kim So Hyun di sebuah kafe yang berada di Samcheong-dong, Seoul.

10. Alasanmu mengambil peran dalam drama ini?

Kim So Hyun: Awalnya aku merasa kesusahan. Sebelum diangkat menjadi sebuah drama, aku adalah penggemar karya asli (webtoon) ini. Muncul pertanyaan pada diriku, ‘apa aku sudah mirip seperti Kim Jojo’. Alasanku mengambil proyek ini karena aku penasaran bagaimana rasanya ketika karya ini diangkat menjadi drama. Dan bagiku, platform Netflix masih jarang terdengar dan adalah sesuatu yang baru. Berbeda dengan produksi drama yang melihat rating pada jam tayang, aku ingin menantang diri dengan bermain dalam sebuah dengan metode pra-produksi seperti film.

10. Apakah kamu sering terpengaruh oleh rating drama yang kamu mainkan?

Kim So Hyun: Meski aku berusaha untuk tidak memperdulikannya, tetapi tetap saja aku terpengaruh. Banyak juga para staf yang terguncang oleh komentar yang diberikan saat proyek masih berlangsung. Yang paling krusial, aku merasa sedikit terbebani jika tidak memberikan yang terbaik apalagi untuk fans karya ini yang bahkan memiliki fanbase resmi. Untungnya, dengan pra-produksi kami tidak terlalu memikirkan hal itu.

10. Menurutmu apa kelebihan drama pra-produksi?

Kim So Hyun: Yang pertama: lebih stabil. Aku mengikuti arahan produser yang syuting dengan santai sehingga aku juga dapat nyaman mengikuti setiap prosesnya. Jika dibandingkan dengan metode produksi yang ada, menurutku tidak ada yang berbeda dari kemana drama akan dibawa.

10. Adakah kesulitan ketika memerankan Jojo?

Kim So Hyun: Ketika aku mendengar karya ini akan dibuat versi dramanya, aku mencari tahu siapa yang akan memerankan Jojo dalam drama. Dan aku tidak pernah berpikir bahwa akulah yang akan berperan sebagai Jojo. Pertama, Jojo memiliki image yang berbeda dari yang lain. Setelah memutuskan untuk mengambil peran ini, aku mulai menghayati peran Jojo karena khawatir aku tidak bisa menyamai sifat dan karakternya. Agak sulit untuk mengekspresikan sifatnya. Karakternya memiliki perasaan tenang dan seperti gadis SMA pada umumnya.

Stillcut Love Alarm / credit = Netflix

10. Saat ini kamu tidak menjalin hubungan, lalu bagaimana kamu bisa menyampaikan peran dalam drama ini?

Kim So Hyun: Setiap aku syuting suatu drama atau film, aku selalu mengatakan pada diriku bahwa aku sedang menjalin sebuah hubungan. Dengan begitu aku mendapat banyak emosi ketika memerankan sesuatu. Dalam drama ini aku harus membawa emosi seorang anak SMA yang jatuh cinta. Aku senang karena dapat berakting sambil menyampaikan perasaan cinta yang masih polos antara Sunwoo (Song Kang) dan Jojo.

10. Jika menjalin sebuah hubungan, kamu menginginkan orang yang seperti apa?

Kim So Hyun: Jika ditanya tentang hubungan yang aku inginkan saat ini, aku ingin seseorang yang seperti Hye Young (Jung Ga Ram). Aku lebih menyukai hubungan yang berjalan perlahan satu sama lain seperti dengan Hye Young daripada cinta membara yang seperti Sunwoo. Aku menyadari setelah beradu akting dengan sosok Sunwoo. Aku banyak memikirkan hal seperti tidakkah cinta cepat memudar jika cinta ia membara terlalu cepat..

10. Apa hal yang ingin kamu tunjukkan jika Love Alarm 2 digarap?

Kim So Hyun: Aku harap dapat menunjukkan Jojo yang sudah beranjak dewasa. Meski akan beda dari sisi visual tetapi aku juga ingin dewasa dari sisi personalku. Sepertinya kisah cinta Jojo dan Sunwoo lebih menjadi tenang dan santai. Aku berharap Jojo memiliki kisah cinta yang realistis.

Kim So Hyun memilih Ok Taecyeon 2PM sebagai lawan lain yang paling nyaman dan cocok / credit = Netflix

10. Di antara banyak drama dan film yang sudah kamu mainkan, siapa aktor yang paling nyaman dan cocok?

Kim So Hyun: Taecyeon oppa yang bermain dalam drama Let’s Fight Ghost bersamaku. Sebenarnya aku merasa cocok bermain dengan semua lawan mainku dalam sebuah proyek. Tapi di antara mereka semua, Taecyeon oppa adalah orang yang memberiku banyak energi. Aku dapat syuting dengan baik karena dia orang yang penuh semangat dan melakukan yang terbaik.

10. Apa yang membedakan drama ini dengan proyekmu yang lain?

Kim So Hyun: Selama aku berperan untuk sebuah proyek, berat bagiku untuk melakukan adegan perpisahan. Perasaan putus yang harus aku sampaikan tidak datang dengan cepat dan meskipun aku menyampaikan perasaan menyedihkan itu, aku bertanya pada diriku sendiri, ‘apakah aku sudah menyampaikannya dengan baik?’. Salah satunya adalah adegan di mana Jojo memutuskan untuk putus dengan Sunwoo dan menghentikan aplikasi ‘Love Alarm’. Pada saat ini aku dapat berakting secara alami saat menunjukkan emosi Jojo. Aku merasakan ada sisi Jojo ketika berakting. Setiap kali syuting, aku menyadari rasa sakit putus cinta bahkan rasanya sampai ingin menangis.

10. Saat ini kamu telah menjadi aktris dewasa. Kedepannya apa yang ingin kamu tunjukkan?

Kim So Hyun: Aku sudah melakukan peran romantis sejak masih menjadi artis cilik. Pasti ada rasa tidak nyaman karena waktu itu aku masih muda. Ketika berakting untuk drama romantis, aku berharap aku tidak merusak jalan ceritanya. Karena diumurku yang sekarang merupakan umur yang wajar untuk mendapatkan kisah romantis, jadi kedepannya aku ingin fokus dan ingin menunjukkan kisah romantis yang sesungguhnya.

Original article: http://tenasia.hankyung.com/archives/1803640

Translation by : Aisya Julia aisyajulia@gmail.com

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here