[TEN REVIEW] Film Metamorphosis Menghadirkan Cerita Baru Di Perfilman Korea

0

by Aisya J.

Poster Film Metamorphosis / credit = Ace Maker Movie Works

Gang Gu (diperankan Sung Dong Il) dan keluarganya pindah ke rumah berlantai dua. Meski anak keduanya, Hyun Joo (diperankan Jo I Hyun) tidak menyukainya rumah itu, tetapi ibunya, Myung Ju (diperankan Jang Young Nam) menyukai rumah baru yang didapatkan dengan harga murah. Tetapi kesenangan itu tidak bertahan lama. Pada malam pertama kepindahan, mereka mendengar suara asing yang datang dari rumah sebelah.

Mereka merasa sedikit aneh dengan tetangganya. Tak lama ada kejadian dimana tetangganya itu menggantungkan seekor kucing mati di depan jendela rumah Gang Gu dan sampai merusakkan kursi putra bungsunya, Kim Kang Hoon. Gang Gu yang tidak bisa menahan emosinya pergi mencari tetangganya itu dan ia mendapati hal yang tak terduga di dalam rumahnya. Rumah tetangganya dipenuhi dengan potongan hewan dan pemilik rumah yang menyeramkan. Gang Gu yang merasa tidak nyaman langsung pergi meninggalkan rumah itu dengan tergesa. Setelah mengalami kejadian bagai mimpi buruk itu, terjadilah hal-hal aneh yang menimpa keluarga Gang Gu.

Tidak seperti sebelumnya, istri Gang Gu terlihat lebih sering marah dan melahap makanan seperti binatang yang kelaparan selama beberapa hari. Ketika anak bungsu mereka mengambil lauk, ia menghampiri sambil mengatakan, “Dimana lauknya!” sambil menumpahkan ke meja. Di malam hari ketika seluruh keluarga merasa shock dengan kejadian itu, Myung Joo merasa baikan. Di saat semua orang dalam kekacauan, Gang Gu tiba-tiba mulai menyerang anak pertama, Sunwoo (Kim Hye Joon) dan anak kedua, Hyun Joo. Kedua kakak beradik itu mati-matian lari dari Gang Gu tetapi menemukan jalan buntu. Pada saat itu, mereka mendengar suara dari bawah yang mengatakan “Ada apa di sana?”.

Dengan pernyataan seperti, “Sepertinya ada yang aneh di rumah ini. Semalam aku melihat ada dua ayah,” lalu akhirnya Sunwoo meminta bantuan kepada pamannya, Jung Soo (diperankan Bae Sung Woo), seorang pastor yang mengejar roh-roh jahat. Jung Soo telah mendengarkan cerita ini dari keluarganya mengatakan bahwa ada orang lain di rumah ini selain kalian. Jung Soo yang tidak tahu makhluk itu akan menjelma menjadi siapa, mengatakan jangan percaya atau dengarkan siapapun karena iblis dapat berubah bentuk menjadi siapapun.

Stillcut film Metamorphosis / credit = Ace Maker Movie Works

Film Metamorphosis merupakan sebuah film di mana iblis berubah bentuk jadi manusia dan mengganggu sebuah keluarga, tidak seperti film horror biasanya yang hanya menampilkan roh jahat. Iblis berubah menjadi salah satu keluarga dan membawa perubahan yang mengerikan bagi mereka yang percaya satu sama lain. Keraguan dan ketakutan tanpa akhir, menghasilkan kemarahan dan kebencian. Alur cerita yang tidak dapat diprediksi tentang siapa yang akan menjadi iblis dan komposisi sudut orang pertama yang tidak dikenal muncul di tengah film mencegah kita dari bersantai sampai akhir film.

Film ini juga memiliki kekurangan. Film Metamorphosis lebih mendalami cerita keluarga daripada mengambil cerita horor. Kemunculan hantu dan eksorsisme hanya menempatkan keluarga pada keyakinan iman. Alur cerita dalam film juga mudah diprediksi. Bagi para penonton yang mengharapkan ketakutan ekstrim sepertinya jangan terlalu berharap dengan film ini, karena secara keseluruhan film ini juga dapat dilihat oleh penonton yang tidak menyukai film horor.

Tetapi kekurangan ini ditutupi oleh para aktor yang menampilkan akting yang luar biasa. Sung Dong Il yang memegang senjata dengan raut wajah gila dan akting Jang Young Nam yang berubah menjadi aneh meningkatkan ketegangan dalam film ini. Mereka memainkan peran iblis yang berbeda 180 derajat dari sosok ayah dan ibu yang mereka perankan.

Beberapa pendatang baru juga menunjukkan kehadiran unik di antara aktor veteran. Secara khusus, Kim Hye Joon, yang berperan aktif dalam film Another Child dan drama Netflix Kingdom, memberikan penampilan baru di film Metamorphosis. Di film ini kita bisa melihat transformasi menakjubkan dari semua aktor. Jo I Hyun juga menarik perhatian penonton denganpenampilannya yang luar biasa.

Film Metamorphosis sudah tayang di Korea mulai tanggal 21 Agustus lalu.

Ada yang udah nonton? Kasih review kalian di kolom komentar di bawah. 

Original article : http://tenasia.hankyung.com/archives/1793750

Translation by : Aisya Julia aisyajulia@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here