[TEN ISSUE] Som Hye In ‘Idol School’ Menanggapi Coming Out Dirinya

0
29

by Aisya

Som Hye In / credit = Mnet

Som Hye In yang dikenal setelah ia mengikuti ajang survival ‘Idol School’ mengungkapkan bahwa ia sedang menjalin hubungan dengan sesama jenis. Som Hye In menjadi artis wanita pertama yang coming out dengan mengaku menjalin hubungan dengan sesama jenis. Pengakuan Som Hye In yang mengakui bahwa ia sedang menjalin hubungan dengan sesama jenis ini mendapat dukungan dari publik.

Pada tanggal 31 Juli lalu, Som Hye In mengunggah sebuah foto di Instagram pribadinya dengan menyisipkan caption “Sebenarnya aku memiliki seorang pacar perempuan. I’m bisexual. And I have a girlfriend!” dan mengakui bahwa ia biseksual untuk pertama kalinya. Juga pada tanggal 11 Agustus lalu ia kembali mengunggah foto dimana ia berpose saling menempelkan wajah dengan seorang wanita yang diakuinya sebagai pacarnya dan menyertakan caption My lovely girlfriend.”

Bersama dengan coming out Som Hye In, namanya berada di peringkat pertama di pencarian portal site pada 12 – 13 Agustus. Meski LGBT bukanlah sebuah kontroversi di Korea, Som Hye In yang mengakui bahwa ia memiliki pacar perempuan, banyak K-Netz memulai menulis komentar yang bertentangan. Pada akhirnya Som Hye In menanggapi hal tersebut. 

Som Hye In mengatakan, “Aku coming out bukan untuk membuat orang membuka mata. Tidak ada yang berpikir bahwa coming out adalah sesuatu yang mudah. Orang-orang memiliki berbagai pendapat dan bisa saja tidak menyukai seseorang dengan homoseksualitas. Tapi itu urusan orang masing-masing. Aku tidak mengekspos hal ini untuk kalian memahami seseorang dengan homoseksual atau meminta kalian untuk menyukainya. Aku tidak meminta kalian untuk menyukaiku maupun memahamiku.”

Lalu ia melanjutkan, “Aku tidak tahu bahwa pengakuanku itu akan membuatku menjadi objek perhatian seperti ini, aku mengatakan (coming out) itu karena aku tidak ingin menyembunyikan hubungan sama seperti orang lain. Aku harap orang-orang disekitarku tidak terluka dan menurutku aku memiliki kewajiban untuk menjaga mereka. Untuk menjaga orang-orang disekitarku, aku akan mengambil jalur hukum pada kalian yang menuliskan pesan jahat padaku.”

Setelah coming out, banyak juga orang-orang yang menuliskan kalimat dukungan untuk Som Hye In seperti ‘kamu keren karena kamu berani mengakuinya’ ‘ cinta tidak pernah salah’ dan masih banyak lagi. Juga Som Hye In yang membalas komentar untuk para fans seperti, ‘ orang tuaku sudah tahu’ ‘terima kasih sudah mengkhawatirkan dan juga mendukungku’ ‘aku benar-benar bahagia.’

Dan juga dalam sebuah interview, Som Hye In mengatakan, “Aku pikir bahwa aku tidak ingin menyembunyikan kecenderungan ini demi karirku. Aku berani mengatakan bahwa aku tidak bersalah dengan memiliki kecenderungan ini. Sudah lama aku berpikir tentang coming out dan saat ini aku tidak ingin menyembunyikan bahwa aku memiliki seorang kekasih perempuan.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here